Senin 17 Jan 2022 06:05 WIB

Agar Anak-Anak Mencintai Rasulullah Sejak Dini

Ada banyak cara mengenalkan sosok Nabi Muhammad SAW kepada anak-anak

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Bagi anak yang lebih besar mungkin orang tua ingin membagi waktu mengajar lebih  fokus, terutama jika mereka mengajukan banyak pertanyaan karena mereka berada pada tahap perkembangan yang berbeda dari usia anak balita.

Namun, penting bagi anak balita untuk tetap ikut serta di dalamnya sebanyak mungkin. Karena ini akan membentuk kebiasaan yang baik serta menciptakan basis pengetahuan di usia muda, yang nantinya akan berubah menjadi apresiasi dalam beberapa tahun. Paling terpenting adalah berdoa kepada Allah SWT sebelum melakukan aktivitas apa pun, agar anak-anak mendapatkan berkah, cinta, dan pengetahuan dari upaya orang tua.

Cara lain untuk menanamkan cinta kepada Nabi adalah dengan duduk di meja dan memiliki  kertas bertuliskan huruf Arab, krayon, dan buku panduan kehidupan dan perjalanan Nabi (SAW). Mulailah dengan membahas kelahiran dan lokasi Nabi (SAW) dan menandainya di atas kertas.

Mulailah berbicara tentang kehidupan Nabi (SAW) dan mintalah anak-anak berpartisipasi dalam mewarnai peta hidupnya, menandai peristiwa-peristiwa. Ini akan mencakup tempat dia tinggal, melakukan perjalanan, dan peristiwa penting lainnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement