Kamis 23 Dec 2021 11:21 WIB

Tujuh Hak Perempuan dalam Islam

Islam telah memuliakan perempuan dan meninggikan hak-hak mereka.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Tujuh Hak Perempuan dalam Islam
Foto: EPA/SHAMSHAHRIN SHAMSUDIN
Tujuh Hak Perempuan dalam Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang berpikir hak-hak Muslimah terbatas hanya mematuhi suami dan menjaga keluarga. Namun, mereka belum memahami Islam menjunjung tinggi hak wanita. 

Melansir laman About Islam, profesor di Fakultas Ilmu Islam Universitas Internasional Madinah Muhammad Salama mengatakan, Islam telah memuliakan wanita dan meninggikan hak-hak mereka. Sedikitnya ada tujuh hak yang diterima muslimah, sebagai berikut.

Baca Juga

  1. Perempuan sama dengan laki-laki pada umumnya dalam hal hak dan kewajiban.
  2. Islam menasihati pria memperlakukan wanita dengan baik dan memperingatkan agar tidak berlaku tidak adil dengan mereka.
  3. Seorang wanita dalam Islam memiliki hak penuh untuk memiliki dan mengelola propertinya sesukanya, seperti halnya pria.
  4. Islam telah memberikan hak kepada perempuan untuk mendapat bagian dalam warisan .
  5. Seorang wanita selalu di bawah asuhan seorang pria yang harus menjaga dan merawatnya (seorang ayah sebelum menikah dan seorang suami setelahnya).
  6. Islam telah melindungi kehormatan, martabat, dan kesucian wanita dengan menetapkan hukum tentang pakaian dan kode etik.
  7. Seorang wanita memiliki hak untuk bekerja ketika dia perlu dalam kode etik Islam.

Ini adalah sedikit dari hak-hak yang diberikan oleh Islam kepada wanita. Prof Salama menyarankan untuk mengetahui lebih banyak mengenai Islam memandang wanita dapat dilihat dalam Alquran.

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/women-issues/how-islam-confirms-womens-rights/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement