Rabu 25 Aug 2021 11:22 WIB

Belajar dari Khadijah: Sifat yang Harus Dimiliki Istri

Khadijah dikenal sebagai sosok istri yang penuh kasih dan suportif.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Belajar dari Khadijah: Sifat yang Harus Dimiliki Istri
Foto:

Istri yang suportif dan penuh kasih

Khadijah dikenal sebagai sosok istri yang penuh kasih dan suportif. Dia selalu menjadi orang pertama yang mendukung Rasulullah, menjadi tempat pengaduan dan pemberi ketenangan saat Rasul dirundung masalah.

Saat Rasulullah pertama kali bertemu dengan Malaikat Jibril, Khadijah adalah orang pertama yang Nabi tuju saat dia gemetar ketakutan. Saat itu, dengan lembut Khadijah memeluk Rasulullah dan menenangkannya.

"... Dan dia (Rasullullah) memberitahunya tentang kejadian itu, dengan mengatakan: 'Aku takut pada diriku sendiri.' tulis Abu Aziz, mengutip situasi dan perkataan Rasulullah. Di sisi lain Khadijad dengan penuh kasih berkata, 'Itu tidak mungkin. Selamat bahagia. Aku bersumpah demi Allah bahwa Dia tidak akan pernah mempermalukanmu. Demi Allah, kamu bergabung dalam ikatan kekerabatan, kamu mengatakan kebenaran, kamu menanggung beban orang, kamu membantu yang miskin, kamu menjamu tamu, dan kamu membantu melawan kesulitan yang mempengaruhi orang.'”

Responnya yang menguatkan dan menenangkan membuat Khadijah selalu disebut Rasulullah sebagai sosok yang positif dan penuh kasih. Sikap Ummul Mukminin ini tentu sangat perlu ditiru oleh seluruh istri manapun agar selalu menjadi pilar pendukung dan sumber kehangatan, optimisme, empati, dan kemurahan hati bagi keluarganya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement