Kamis 05 Aug 2021 07:53 WIB

Pemeliharaan Allah Terhadap Alquran Agar tidak Berubah

Allah memelihara Alquran sehingga tidak terjadi kerancuan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Pemeliharaan Allah Terhadap Alquran Agar tidak Berubah. Dua orang santri difabel rungu belajar menghafal di Pondok Pesantren Tuli Darul Ashom, Sleman Yogyakarta. Ada 47 santri difabel rungu yang mondok belajar menghafal alquran di Ponpes ini.
Foto:

Dalam hal rasul yang dimaksud adalah malaikat, maka pengawasan dan pemeliharaan Allah adalah dalam konteks penyampaian rasul dari jenis malaikat itu kepada rasul yang dari jenis manusia, adalah antara para rasul manusia itu dengan masyarakat manusia.

Adapun yang dimaksud dari kata ‘maa khalfahum’ menurut Thabathaba’i, maka ia adalah antara mereka yakni para rasul kedua jenis itu dengan Allah SWT dan kesemuanya bertolak dari sisi Allah menuju semua manusia. Selanjutnya dijelaskan Allah mengetahui apa yang di hadapan mereka, yakni para rasul itu dan apa yang di belakang mereka yakni pengetahuan Allah mencakup apa yang para rasul itu ketahui dan apa yang mereka tidak ketahui, maka mereka tidak melakukan sesuatu kecuali atas izin-Nya.

Dan Allah mengadakan penjagaan di muka dan di belakang mereka supaya Dia mengetahui, bahwa sesungguhnya mereka (rasul-rasul itu) telah menyampaikan risalah-risalah Tuhan mereka walaupun orang-orang bodoh tidak mengetahui tentang hal tersebut. Al-Biqai, dikutip Prof Quraish, juga menggarisbawahi penjagaan Allah itu menjadikan para rasul terpelihara sehingga mereka tidak mungkin menyampaikan sesuatu yang tidak diperintahkan-Nya.

Tidak juga setan atau selainnya dapat menyampaikan sesuatu melalui lidah para rasul. Bahkan setiap orang di antara mereka terpelihara dari dirinya sendiri.

 

Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Surah An-Najm ayat 3-4, “Wa maa yanthiqu anil-hawa in huwa illa wahyun yuwha,”. Yang artinya, “Dia tidak berucap menurut kemauan nafsunya, ia tidak lain kecuali wahyu yang diwahyukan (kepadanya),”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement