Senin 26 Jul 2021 04:55 WIB

4 Ujian yang Membuat Nabi Muhammad Lebih Kuat

Kehidupan Nabi Muhammad SAW sudah susah sejak lahir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
4 Ujian yang Membuat Nabi Muhammad Lebih Kuat
Foto: Republika.co.id
4 Ujian yang Membuat Nabi Muhammad Lebih Kuat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT mencintai Nabi Muhammad SAW lebih dari ciptaan-Nya yang lain. Allah berfirman, "Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur. Karena Tuhanmu yang mendidikmu dengan akhlak Alquran. (QS Al-Qolam Ayat 4)

Meski demikian, Nabi SAW juga mengalami kesulitan yang luar biasa dalam hidupnya. Kalau Rasulullah dicintai Allah SWT, lantas mengapa Allah menimpakan masalah kepada Nabi SAW? Ujian itu sesuai dengan keimanan seseorang. Yang paling berat ujiannya di antara manusia adalah para Nabi.

Baca Juga

Nabi Muhammad bersabda, "Ketika saya jatuh sakit, rasa sakit saya seperti rasa sakit dua orang di antara kamu" (HR Bukhari).

Berikut ini adalah empat cobaan yang ditimpakan kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadikan beliau punya karakter yang kuat.

 

1. Yatim Piatu

Kehidupan Nabi SAW sudah susah sejak lahir. Dia terlahir sebagai yatim piatu dan ibunya tidak hidup lebih lama. Namun, menjadi yatim piatu adalah berkah tersembunyi. Pengaruhnya terhadap beliau SAW sangat luar biasa. Dia menjadi orang yang lebih kuat, baik secara spiritual maupun mental. Hal ini membuat dia siap untuk misi mulianya sebagai seorang Nabi yang akan segera datang.

photo
Infografis Perilaku dan Kebiasan Nabi Muhammad Sehari-hari - (Republika.co.id)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement