Ahad 25 Jul 2021 16:05 WIB

Ini yang Terjadi Saat Kita Bertawakal kepada Allah SWT

Dengan bertawakal, seseorang yakin perjuangan lahir dan batin telah direncanakan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Ini yang Terjadi Saat Kita Bertawakal kepada Allah SWT
Foto:

Allah SWT juga berfirman:

وَتَوَكَّلْ عَلَى ٱلْحَىِّ ٱلَّذِى لَا يَمُوتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهِۦ ۚ وَكَفَىٰ بِهِۦ بِذُنُوبِ عِبَادِهِۦ خَبِيرًا 

Artinya: "Dan bertawakallah kepada Allah yang hidup (kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya." (QS. Alfurqan: 58).

Imam Ahmad bahkan pernah mengatakan hari paling bahagia dalam hidupnya adalah ketika dia bangun pada suatu pagi dan menemukan tidak ada makanan di rumahnya. Hal ini karena dia tahu bahwa pada hari ini Imam Ahmad harus mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Imam Ahmad memang dikenal sangat miskin karena dia tidak memiliki kendaraan untuk pergi ke pasar dan membeli apa yang diinginkan hatinya.

Mengandalkan Tuhan memang membutuhkan pelatihan. Kita adalah manusia, dan kadang-kadang, kita akan merasakan ketidakpastian ini, kesepian, yang mungkin situasi kita tidak akan berhasil. Dan tidak apa-apa merasa seperti ini karena ini tentang mengingatkan diri kita sendiri untuk mempercayai Tuhan pada saat yang tepat.

Jika kita benar-benar mengandalkan Tuhan seperti cara kita mengandalkan dokter ketika tahu kita memiliki dokter yang terbaik di sekitar kita, kepercayaan ini hanya dapat memberi kita ketenangan pikiran dan ketenangan hati. Ketenangan ini berkembang ketika kita menghadapi situasi ketidaknyamanan dan ketidakpastian. Ketika seseorang benar-benar sudah bertawakal, maka tidak akan pernah mencari cara yang haram (melanggar hukum) untuk melarikan diri dari situasi karena percaya hanya Tuhan yang menentukan hasilnya.

Setiap kali seseorang merasa tidak pasti, mari kita menerapkan bergantung pada Tuhan. Serta percaya pada jaminan bahwa Tuhan akan memberi hasil yang Anda butuhkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement