Selasa 20 Jul 2021 11:42 WIB

Jenis Hewan Qurban Paling Afdhal

Hewan qurban juga merupakan wasilah untuk menebus diri kita di hadirat-Nya.

Jenis Hewan Qurban Paling Afdhal. Warga menggiring kambing kurban miliknya menuju masjid jelang perayaan Hari Raya Idul Adha di Malang, Jawa Timur, Senin (19/7/2021). Sejumlah takmir masjid di kawasan tersebut tetap menyelenggarakan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tapi dengan membatasi jumlah jemaah yang hadir.
Foto:

Satu Ekor Unta

Berkurban dengan satu ekor unta lebih afdhal dari pada satu ekor sapi. Imam Khatib asy-Syirbini dalam ‘Mughni al-Muhtaj’ mengatakan,

( وأفضلها ) أي أنواع الأضحية بالنظر لإقامة شعارها ( بعير ) أي بدنة ؛ لأنه أكثر لحما ، والقصد التوسعة على الفقراء ( ثم بقرة ) ؛ لأن لحم البدنة أكثر من لحم البقرة غالبا ، وفي الخبر { من اغتسل يوم الجمعة ، ثم راح في الساعة الأولى فكأنما قرب بدنة ، ومن راح في الساعة الثانية فكأنما قرب بقرة }[3] .

Artinya: “Adapun jenis hewan kurban yang paling afdhal dipandang dari penegakkan syi’arnya adalah satu ekor unta karena dagingnya lebih banyak, dan maksud dari kurban adalah membagikan dagingnya seluas-luasnya kepada kaum fakir miskin, setelah itu baru sapi dikarenakan dagingnya lebih banyak dari daging sapi secara umumnya. Hal ini ditunjukkan oleh hadis Rasulullah SAW, “Baragsiapa yang mandi pada hari jum’at lalu pergi ke masjid untuk menunaikan shalat jum’at pada jam-jam pertama, maka seakan-akan ia sedang berkurban dengan unta dan barangsiapa pergi ke masjid untuk menunaikan shalat jum’at pada jam-jam kedua maka maka seakan-akan ia sedang berkurban dengan sapi.”

Satu Ekor Sapi

Berkurban dengan satu ekor sapi lebih afdhal daripada satu ekor kambing. Imam Ibnu Hajar al-Haitami mengatakan dalam tuhfah,

( ثم بقرة ) لأنها أكثرها لحما مما بعدها[4]

Artinya: “Hewan kurban yang afdhal setelah unta adalah sapi karena dagingnya lebih banyak daripada martabat dibawahnya (kambing)”

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement