Sabtu 10 Jul 2021 03:17 WIB

Kontribusi Ibn Rusyd Bagi Dunia Ilmu Pengetahuan

Muhammad Ibn Rusyd yang dikenal di Barat sebagai Averroes

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
ilmuwan Muslim
Foto:

Ibn Rusyd (kakek) adalah pencipta risalah terkenal dalam hukum Maliki, kitab al-Mugad Dimat al Mumahhidat. Ayah Ibn Rusyd, Abu Al-Qasim Ahmad juga seorang Qadi.

Ibn Rusyd sangat menyukai buku. Dikatakan bahwa dia tidak pernah melewatkan membaca atau menulis kecuali hari dia menikah dan hari ayahnya menendang ember. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa ia adalah pencipta yang produktif dan lengkap.

Karya-karya Ibn Rusyd tersebar lebih dari 20 ribu halaman, yang paling populer di antaranya adalah tawar-menawar dengan penalaran, pengobatan, pemikiran dan hukum. Dia menyusun 20 buku tentang pengobatan.

Karyanya meliputi, Tahfut at Tahafut (The Incoherence of the Ambiguity). Ini disusun dalam mode wacana terhadap klaim al-Ghazali di Tahafut alfalasifa (The Confusion of the Philosophers).

Talkis Kitab al-Jadal (Komentar Tengah tentang Topik Aristoteles). Fasl al-Maqal Fi Ma bayn al-Syariah wa Al-Hukma Min Al-Ittisal (Iman dan Akal).

Al-Kashfi 'an manahij al-'adla fi 'aqaid al-mila (Memperjelas sistem pembuktian dalam keyakinan bangsa (Muslim). Al-Da'ruri fi Isul al-Fiqh, ringkasan al-Ghazali Mustafa.

Bidayat al-Mujtahid wa Nihayat al-Muqta_id, buku teks Maliki dalam kerangka perbandingan. Al-Bayan wa'l-Ta__il, wa'l-Shar_ wa'l-Tawjîh wa'l-Ta'lîl fi Masâ'il al-Mustakhraja, komentar panjang dan rinci berdasarkan Mustakhraja dari Mu_ammad al-'Utbî al-Qurtubî. Kulliyat Fi A-Tibb (Umum, yaitu kedokteran umum), dikenal dalam terjemahan Latinnya sebagai Colliget.

Sebuah komentar tentang The Canon of Medicine (Qanun fi 't-tibb) dari Ibn Sina (Avicenna) (980-1037). Maqala fi '1-Tiryaq ("Risalah tentang Theriac"). Averroes di Republik Plato.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement