Senin 05 Jul 2021 09:41 WIB

Para Wanita Saleh yang Diabadikan dalam Alquran

Mereka adalah wanita saleh yang mengabdikan hidup mereka kepada Allah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Para Wanita Saleh yang Diabadikan dalam Alquran. Ilustrasi Muslimah
Foto:

Siti Hawa

Hawa disebut dalam Alquran sebagai pasangan Adam dan mereka berdua diciptakan langsung oleh Allah SWT.

Nama Hawa berarti persamaan manusia. Hawa melambangkan pertaubatan dan memberikan harapan kepada semua orang yang berdosa dan berpikir mereka tidak dapat menebus kesalahannya. Dalam bahasa Inggris, Hawa dikenal dengan nama Eve.

Siti Sarah

Siti Sarah adalah istri Nabi Ibrahim. Meski disebutkan di dalam Alquran, porsi tentangnya memiliki peran yang sangat kecil dalam Alquran. Di masa tuanya dia didekati oleh malaikat dan diberitahu dia akan melahirkan seorang anak laki-laki dan anak laki-laki itu ternyata adalah Ishak. Hal ini termaktub dalam Alquran Surah Nomor 11 ayat 71-72.

Siti Hajar

Siti Hajar juga dikenal sebagai Hajar dalam bahasa Inggris. Siti Hajar adalah istri termuda dan kedua Nabi Ibrahim, dan dia melahirkan Nabi Ismail. Selama ziarah tahunan (haji), umat Islam melakukan kembali pencarian airnya yang putus asa di lembah dekat Makkah, mengulangi pengorbanannya ketika dia dan bayinya ditinggalkan di lembah Makkah demi Allah. Hal ini diabadikan dalam Alquran Surah kedua ayat 158.

Asiah

Dalam Alquran, Asiah digambarkan sebagai istri Firaun. Dia mewakili kebajikan dan dianggap sebagai salah satu dari empat wanita surga. Dia meninggal sebagai martir di tangan suaminya yang kejam.

Asiah menjadi ibu angkat bagi Nabi Musa setelah diselamatkan saat masih bayi. Dia melindungi Nabi Musa dan membela dia di depan suaminya. Kisahnya diabadikan dalam Alquran Surah nomor 66 ayat 11.

photo
Infografis Muslim Serba Pertama - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement