Selasa 29 Jun 2021 16:07 WIB

Ketika Kesombongan Pasukan Gajah Abrahah Dihancurkan

Sebelum pasukan Abrahah mencapai Kabah, Allah SWT menunjukan kekuasaan-Nya

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Pasukan gajah Raja Abrahah (ilustrasi)
Foto: blogspot.com
Pasukan gajah Raja Abrahah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suatu ketika pasukan yang dipimpin panglima perang yang berkuasa di Yaman yakni Abrahah yang berasal dari Habsyah atau Ethiopia ingin menghancurkan Kabah di Makkah. Namun, sebelum pasukan Abrahah mencapai Kabah, Allah SWT menunjukan kekuasaan-Nya dengan menghancurkan mereka. 

Alquran mengabadikan kisah ini dalam Surah Al-Fil. Tafsir Jalalain dan Tafsir Kementerian Agama terkait surah ini menjelaskan riwayat ketika Allah SWT menunjukan kekuasaan-Nya kepada penduduk Makah.

Baca Juga

Dalam Tafsir Jalalain dijelaskan bahwa pasukan gajah yang akan menghancurkan Kabah itu dihancurkan pasukan burung yang melemparkan batu, sehingga mereka seperti daun-daun yang dimakan atau bagaikan daun tanaman yang dimakan oleh ternak, kemudian diinjak-injak dan dicabik-cabik. Allah telah membinasakan setiap orang dari mereka dengan batu yang telah tertulis nama orang yang dikenainya. 

Setiap batu bentuknya lebih besar sedikit daripada biji 'adasah dan agak kecil daripada biji kacang Humsh. Batu itu dapat menembus topi baja pasukan yang berjalan kaki dan gajah yang dibawanya. Kemudian batu itu jatuh ke tanah setelah menembus badan mereka. Hal tersebut terjadi pada tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW.

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? (QS Al-Fil: 1)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement