Ahad 20 Jun 2021 10:00 WIB

7 Perkara yang Bisa Merusak Islam Seseorang Menurut Alquran

Allah SWT menyebutkan dalam Alquran perkara perusak Islam seseorang

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT menyebutkan dalam Alquran perkara perusak Islam seseorang. Ilustrasi

4. Meyakini adanya petunjuk yang lebih sempurna dari sunnah Nabi ﷺ 

Seseorang termasuk dalam kekafiran manakala dia meyakini ada petunjuk yang lebih sempurna selain dari apa yang telah disampaikan Rasulullah ﷺ.

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ حَتّٰى يُحَكِّمُوۡكَ فِيۡمَا شَجَرَ بَيۡنَهُمۡ ثُمَّ لَا يَجِدُوۡا فِىۡۤ اَنۡفُسِهِمۡ حَرَجًا مِّمَّا قَضَيۡتَ وَيُسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا

"Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya." (QS An Nisa 65).

5. Tidak menyukai hal-hal yang dibawa Rasulullah ﷺ

Siapa pun yang tidak menyukai hal-hal yang dibawa Rasulullah ﷺ, bahkan meski dia tetap melaksanakannya, maka dia tetap kafir. Ini merupakan kesepakatan para ulama.

اِذَا جَآءَكَ الۡمُنٰفِقُوۡنَ قَالُوۡا نَشۡهَدُ اِنَّكَ لَرَسُوۡلُ اللّٰهِ ‌ۘ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ اِنَّكَ لَرَسُوۡلُهٗ ؕ وَاللّٰهُ يَشۡهَدُ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ لَـكٰذِبُوۡنَ‌

"Apabila orang-orang munafik datang kepadamu (Muhammad), mereka berkata, "Kami mengakui, bahwa engkau adalah Rasul Allah." Dan Allah mengetahui bahwa engkau benar-benar Rasul-Nya; dan Allah menyaksikan bahwa orang-orang munafik itu benar-benar pendusta." (QS Al Munafiqun 1).

6. Menghina Islam

Seseorang yang mengolok-olok Allah Ta'ala dan Rasul-Nya maka dia telah keluar dari Islam.

وَلَىِٕنْ سَاَلْتَهُمْ لَيَقُوْلُنَّ اِنَّمَا كُنَّا نَخُوْضُ وَنَلْعَبُۗ قُلْ اَبِاللّٰهِ وَاٰيٰتِهٖ وَرَسُوْلِهٖ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِءُوْنَ

"Dan jika kamu tanyakan kepada mereka, niscaya mereka akan menjawab, “Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja.” Katakanlah, “Mengapa kepada Allah, dan ayat-ayat-Nya serta Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?" (QS At Taubah 65).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement