Senin 17 May 2021 05:41 WIB

Nabi SAW Nyaris Terbunuh, Lika-liku Perjalanan ke Madinah

Nabi Muhammad menempuh perjalanan delapan hari hingga sampai di Quba.

Nabi SAW Nyaris Terbunuh, Lika-liku Perjalanan ke Madinah. Ilustrasi Padang Pasir
Foto:

Kaki kudanya terbenam ke pasir. Dia coba menarik tali kekang kuda ke atas, mendorong kuda itu untuk mengumpulkan tenaga agar dapat mengangkat kakinya, tetapi usahanya sia-sia, kaki kudanya seperti terpaku ke pasir.

Suraqah berteriak keras: “Hai kamu berdua! Mohonkanlah kepada Tuhanmu agar Dia melepaskan kaki kudaku. Aku berjanji tidak akan mengganggu kalian.

Lalu Nabi berdoa, maka bebaslah kaki kuda Suraqah dari pasir. Tetapi karena tamaknya, membayangkan seratus ekor onta betina muda, Suraqah segera mengingkari janjinya.

Dia kembali memacu kudanya untuk menyerang Nabi. Namun tiba-tiba peristiwa semula terjadi kembali, kaki kudanya kembali terbenam di pasir.

Suraqah memohon belas kasihan Nabi: “Ambillah perbekalanku, harta dan senjataku. Aku berjanji dengan Allah dengan kalian berdua, akan menyuruh kembali setiap orang yang berusaha melacak kalian di belakangku”. Nabi segera menjawab permohonan Suraqah:“Kami tidak butuh perbekalan dan hartamu. Cukuplah kalau engkau suruh kembali orang-orang yang hendak melacak kami.”

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement