Senin 17 May 2021 05:41 WIB

Nabi SAW Nyaris Terbunuh, Lika-liku Perjalanan ke Madinah

Nabi Muhammad menempuh perjalanan delapan hari hingga sampai di Quba.

Nabi SAW Nyaris Terbunuh, Lika-liku Perjalanan ke Madinah. Ilustrasi Padang Pasir
Foto:

Sementara itu, para pemuka Qurasy sudah mengumumkan kepada para pemburu hadiah siapa yang bisa menemukan Muhammad atau Abu Bakar akan diberi hadiah 100 ekor unta. Maka berlomba-lombalah para pemburu hadiah mencari Muhammad, tapi tidak ada yang berhasil menemukannya kecuali Suraqah ibn Malik.

Dengan memacu kudanya dan keahliannya menelusuri jejak, Suraqah berhasil menemukan rombongan Nabi, tapi tatkala sudah mendekat kudanya terjatuh sampai tiga kali. Tiga kali jatuh itu dipercaya oleh Suraqah sebagai pertanda buruk.

Kalau dia teruskan mengejar Muhammad  dia pasti akan celaka. Oleh sebab itu dia berteriak minta bicara dengan Muhammad. Dia menyatakan terus terang niat buruknya kepada Nabi yang gagal dia laksanakan itu. Akhirnya dia kembali dan berjanji tidak akan menceritakan pertemuannya dengan Nabi tersebut kepada para pemburu hadiah lainnya.

Versi lain menyebutkan setelah jatuh yang ketiga, Suraqah terpelanting dari atas kudanya. Segera dia bangkit dan memacu kudanya lagi.

Setelah dia nilai jaraknya cukup untuk memanah, dia ambil busurnya. Tapi aneh tangannya tiba-tiba kaku tidak bisa digerakkan.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement