Sabtu 01 May 2021 07:50 WIB

Menghadapi Covid-19 dengan Tetap Percaya kepada Allah

Sesungguhnya Allah yang memberikan cobaan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Menghadapi Covid-19 dengan Tetap Percaya kepada Allah. Seorang pasien COVID-19 terbaring di ICU Rumah Sakit Nasional di Itaugua, Paraguay, Rabu, 28 April 2021.
Foto:

Dilansir dari About Islam, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Jika Anda mendengar ada wabah penyakit di suatu negeri, maka janganlah memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu negeri kalian berada, maka janganlah kalian meninggalkan negeri itu," (Al-Bukhari & Muslim).

Beberapa percaya wabah tersebut adalah bagian dari alam, dan alam menjalankannya. Tapi Allah bisa mempermudah kita jika kita beriman. Kita hanya perlu meyakini Allah memiliki rencana atas terjadinya wabah tersebut.

Allah memerintahkan hamba-Nya beribadah dan harus menjaga diri kita sendiri secara fisik maupun mental. Bukan hanya itu, dengan menjaga diri kita, artinya kita juga memiliki tanggung jawab untuk orang yang kita cintai.

Di Amerika Serikat, penyebab utama kematian adalah serangan jantung, diabetes, dan obesitas. Di mana semua penyakit tersebut dapat dicegah dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

Selain itu, sebagai orang yang beriman dapat menjaga tingkat stres dengan terus berdoa, berdzikir, dan meditasi setiap hari. Nabi Muhammad SAW mengatakan kepada umatnya tidak makan secara berlebihan, makan makanan yang sehat, dan minum air.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement