Kamis 13 May 2021 15:27 WIB

Cara Mendapat Ridha Allah SWT

Seorang Muslim hanya memperhitungkan ridha atau murka Allah SWT.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Cara Mendapat Ridha Allah SWT. Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)
Foto:

Seorang Muslim hanya memperhitungkan ridha atau murka Allah SWT semata. Ia akan tetap gigih menjalankan perintah Allah SWT sekalipun banyak orang membenci perbuatannya.

Sebaliknya, ia tak akan mengerjakan amal yang dibenci Allah SWT sekalipun banyak orang memuja-muja perbuatan tersebut. Muslim seperti inilah yang akan mendapatkan limpahan ridha Allah SWT. 

"Sebaliknya, Muslim yang memburu ridha manusia dengan membuang ketaatan kepada Allah SWT akan ditimpa kemurkaan-Nya," katanya.

Sebagaimana dalam hadits disebutkan:

عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قَالَ كَتَبَ مُعَاوِيَةُ إِلَى عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رضى الله عنها أَنِ اكْتُبِى إِلَىَّ كِتَابًا تُوصِينِى فِيهِ وَلاَ تُكْثِرِى عَلَىَّ. فَكَتَبَتْ عَائِشَةُ رضى الله عنها إِلَى مُعَاوِيَةَ سَلاَمٌ عَلَيْكَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَنِ الْتَمَسَ رِضَاءَ اللَّهِ بِسَخَطِ النَّاسِ كَفَاهُ اللَّهُ مُؤْنَةَ النَّاسِ وَمَنِ الْتَمَسَ رِضَاءَ النَّاسِ بِسَخَطِ اللَّهِ وَكَلَهُ اللَّهُ إِلَى النَّاسِ »

Dari seseorang penduduk Madinah, ia berkata Mu’awiyah pernah menuliskan surat pada ‘Aisyah -Ummul Mukminin- radhiyallahu ‘anha, di mana ia berkata, “Tuliskanlah padaku suatu nasihat untuk dan jangan engkau perbanyak.” ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha pun menuliskan pada Mu’awiyah, “Salamun ‘alaikum (keselamatan semoga tercurahkan untukmu). Amma ba’du. Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mencari ridha Allah saat manusia tidak suka, maka Allah akan cukupkan dia dari beban manusia. Barangsiapa yang mencari ridha manusia namun Allah itu murka, maka Allah akan biarkan dia bergantung pada manusia.” (HR. Tirmidzi no. 2414 dan Ibnu Hibban no. 276)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement