Selasa 27 Apr 2021 01:37 WIB

Al Jazari, Penemu Muslim yang Ciptakan Robot Pertama Dunia

Ismail al Jazari meletakkan dasar untuk teknik modern, hidrolika, dan robotika

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Al Jazari

Sifat rendah hati dari buku 'The Book of Knowledge' tercermin dalam bahasanya. Penemu lain umumnya sengaja menulis prosa mereka dalam bahasa yang tidak jelas untuk membatasi orang-orang kecil. Namun hal ini berbeda dengan Al-Jazari yang bersusah payah untuk membuat bukunya dapat diakses oleh pembaca dari kalangan manapun.

Dengan demikian, siapapun bisa membangun beberapa mesin yang lebih praktis berkat penjelasan al-Jazari, penemu Muslim yang sangat tertarik pada proses konstruksi seperti pada teori dan perhitungan.

Al Jazari wafat pada 1206, tahun di mana dia mempersembahkan bukunya kepada sultan. Dia dikenang terutama karena buku tersebut. Lebih dari itu, penemuannya yang terealisasi akan memainkan peran kunci dalam kehidupan sipil selama bertahun-tahun yang akan datang.

Di antaranya adalah sistem pasokan air dengan menggunakan roda gigi dan energi hidrolik, yang digunakan di masjid dan rumah sakit Diyarbakir dan Damaskus. Dalam beberapa kasus, sistem yang meniru desainnya tetap digunakan hingga saat ini.

Sebagian besar inovasinya berabad-abad lebih awal dari pencapaian sains Eropa. Karyanya tentang katup kerucut, komponen kunci dalam teknik hidrolik, pertama kali disebutkan di Eropa lebih dari dua abad kemudian oleh Leonardo da Vinci, yang ternyata juga terpesona pada "robot" al-Jazari.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement