Selasa 27 Apr 2021 01:37 WIB

Al Jazari, Penemu Muslim yang Ciptakan Robot Pertama Dunia

Ismail al Jazari meletakkan dasar untuk teknik modern, hidrolika, dan robotika

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Al Jazari

Rancangan mesin-mesin dalam buku al-Jazari memuat penjelasan yang praktis dan mudah. Misalnya, jam, air mancur, robot musik, mesin air, dan mesir pengukur. Salah satu perangkatnya yang paling terkenal adalah jam air raksasa yang menampilkan seekor gajah yang menggendong pengemudinya. Jam air sederhana ini telah digunakan di Mesir dan Babilonia kuno, tetapi penemuan rumit al-Jazari dengan jelas mengungkapkan ambisinya untuk menyempurnakannya.

Robot pertama dalam sejarah?

Penemuan fantastis al Jazari lainnya yang menarik perhatian para sejarawan sains adalah "robot". Ini dianggap sebagai "robot" pertama yang dapat diprogram dalam sejarah. Karya fenomenal tersebut mirip seperti kotak musik yang dirancang untuk memainkan lagu-lagu sebagai hiburan.

Mekanisme kerja yang digunakan yaitu dengan menganimasikan para drumer yang diprogram untuk memainkan ketukan secara berbeda. Alat ini kemudian menjadi mainan bagi orang kaya saat itu. Al-Jazari memahami kebutuhan untuk mempesona pelanggannya yang kaya dengan keajaiban terbarunya.

Sebagai pengrajin dari latar belakang yang sederhana, al Jazari juga mengetahui apa saja kebutuhan sehari-hari sehingga ia merancang gadget yang gunanya untuk meringankan beban kerja orang-orang.

Dalam buku 'The Book of Knowledge', al-Jazari menjelaskan secara rinci setidaknya lima mesin yang memfasilitasi pengambilan air dan pengairan, baik itu di sektor pertanian maupun di rumah.

Mesin lain yang rancangannya ada di dalam bukunya, yaitu poros engkol yang mengubah gerakan linier menjadi gerakan berputar, dan sarana untuk kalibrasi yang tepat dari kunci dan lubang lainnya, di antara banyak lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement