Selasa 13 Apr 2021 21:54 WIB

Kegelisahan Abu Ayyub Al-Anshary

Rumah Abu Ayyub mendapat kemuliaan lantaran menjadi tempat tinggal Rasulullah

replika rumah nabi di museum masjid nabawi. Rumah nabi hanya terbuat dari bat yang diletakan dengan lumpur dan beratap daun kurma. Luasnya hanya 3X4 meter.
Foto:

"Tenang saja Abu Ayyub, saya lebih suka bertempat tinggal di bawah, karena akan ada banyak tamu yang datang," kata Rasulullah SAW.

Meski diminta Rasulullah tidak memikirkan apa yang menjadi kegundahanya, Abu Ayyub dan istrinya tetap tidak bisa tidur. Hingga satu waktu, bejana pecah. Keduanya harus bekerja keras agar tetesan air tak merembes ke bawah. 

Kembali Abu Ayyub bertemu Rasulullah untuk memintanya menempati lantai atas . "Sungguh celaka saya, saya tinggal di atas sementara Rasulullah di bawah,"kata Abu Ayyub.

Akhirnya, Rasulullah pun pindah ke lantai atas. Rasulullah menetap di rumah Abu Ayyub menurut riwayat selama tujuh bulan. Ketika masjid Nabawi selesai dibangun, dan begitupula rumah Rasulullah, Nabi memutuskan pindah ke sana. Rumah Nabi dan Abu Ayyub begitu dekat sehingga bertetangga langsung.Rasulullah pun memandang rumah Abu Ayyub seperti rumahnya sendiri.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement