Rabu 24 Mar 2021 23:09 WIB

Mengenal Istighasah, Munajat yang Populer di Masyarakat

Istighasah banyak dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia

Istigasah banyak dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia. Ilustrasi istighasah
Foto:

Jadi meskipun sesungguhnya pertolongan itu datangnya dari Allah, Allah itulah sesungguhnya yang menganugerahi pertolongan. Namun dengan tidak menafikan bahwa Allah menjadikan sebab-sebab yang telah dipersiapkan agar terwujud pertolongan tersebut. Berikut ini adalah di antara dalil-dalil istighasah dengan selain Allah. Hadits Al-Bukhari:

إِنَّ الشَّمْسَ تَدْنُوْ يَوْمَ القِيَامَةِ حَتَّى يَبْلُغَ العَرَقُ نِصْفَ الأُذُنِ فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ اسْتَغَاثُوْا بِآدَمَ ثُمَّ بِمُوْسَى ثُمَّ بِمُحَمَّدٍ صلّى اللّه عليه وسلّم

Artinya,“Matahari akan mendekat ke kepala manusia di hari kiamat sehingga keringat sebagian orang keluar hingga mencapai separuh telinganya. Ketika mereka berada pada kondisi seperti itu mereka beristighasah (meminta pertolongan) kepada Nabi Adam, kemudian kepada Nabi Musa kemudian kepada Nabi Muhammad SAW.” (HR Al-Bukhari).  Hadits riwayat Al-Baihaqi, Ibnu Abi Syaibah dan lainnya:

عَنْ مَالِك الدَّار وَكانَ خَازِنَ عُمَرَ قال: أَصَابَ النَّاسَ قَحْطٌ فِيْ زَمَانِ عُمَرَ فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اسْتَسْقِ لِأُمَّتِكَ فَإِنَّهُمْ قَدْ هَلَكُوْا، فَأُتِيَ الرَّجُلُ فِيْ الْمَنَامِ فَقِيْلَ لَهُ: أَقْرِئْ عُمَرَ السَّلاَمَ وَأَخْبِرْهُ أَنَّهُمْ يُسْقَوْنَ، وَقُلْ لَهُ عَلَيْكَ الكَيْسَ الكَيْسَ، فَأَتَى الرَّجُلُ عُمَرَ فَأَخْبَرَهُ، فَبَكَى عُمَرُ وَقَالَ: يَا رَبِّ لاَ آلُوْ إِلاَّ مَا عَجَزْتُ.

Artinya, “Paceklik datang di masa Umar, maka salah seorang sahabat (yaitu Bilal bin Al-Harits Al-Muzani) mendatangi kuburan Nabi dan mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, mohonkanlah hujan kepada Allah untuk umatmu karena sungguh mereka betul-betul telah binasa.’ Kemudian orang ini bermimpi bertemu dengan Rasulullah. Rasulullah berkata kepadanya, ‘Sampaikan salamku kepada Umar. Beritahukan bahwa hujan akan turun untuk mereka. Katakana kepadanya, 'Bersungguh-sungguhlah dalam melayani umat.’’ Kemudian sahabat tersebut datang kepada Umar dan memberitahukan apa yang dilakukannya dan mimpi yang dialaminya. Umar menangis dan mengatakan, ‘Ya Allah, Saya akan kerahkan semua upayaku kecuali yang aku tidak mampu.’”

Hadits ini dinilai sahih oleh Al-Baihaqi, Ibnu Katsir...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement