Senin 22 Mar 2021 02:30 WIB

5 Langkah Agar Bacaan Alquran Kita Lebih Berdampak

Alquran akan memberikan dampak manfaat bagi para pembacanya

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran akan memberikan dampak manfaat bagi para pembacanya. Ilustrasi membaca Alquran
Foto:

4. Jangan menghindari hal yang tidak dimengerti

Apa pun yang menghambat pemahaman Anda tentang surat atau ayat Alquran, sebaiknya diselesaikan sampai tuntas. Allah berfirman dalam surat al-Kahf ayat 54:

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِيْ هٰذَا الْقُرْاٰنِ لِلنَّاسِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍۗ وَكَانَ الْاِنْسَانُ اَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلًا “Dan sesungguhnya Kami telah menjelaskan berulang-ulang kepada manusia dalam Alquran ini dengan bermacam-macam perumpamaan. Tetapi manusia adalah memang yang paling banyak membantah.”

Mereka yang mencari kebenaran akan diuji Allah dalam dua jenis hambatan, yakni keraguan dan penyangkalan yang menguji mereka yang imannya lemah serta hambatan yag memenuhi hati sehingga menguji mereka yang menikmati kehidupan dunia.

5. Menangkap cahaya Alquran

Jangan membaca satu ayat dan memaknai ayat tersebut tanpa melihat konteks dan hal lain. Anda harus memahami secara keseluruhan setiap ayat yang Anda baca. Dengan begitu akan merasakan efek setelah membaca ayat itu. Misal ada ayat yang menjelaskan tentang pengampunan, Anda akan merasa gembira.

Namun, ketika ayat yang menjelaskan tentang hukuman, Anda akan merasa ngeri dan diliputi rasa takut saat menyebut Allah sehingga Anda menundukkan kepala dan merasa Anda hanyalah makhluk yang sangat kecil.

Efek-efek ini juga harus terlihat pada anggota tubuh Anda seperti menangis karena sedih, berkeringat di dahi karena malu, gemetar dan menggigil karena kekaguman-Nya, dan merasakan kegembiraan di anggota tubuh, suara ketika diberi kabar gembira dan merasa takut saat diperingatkan. Jika Anda melakukan semua itu, Anda akan mendapat berkah dari Alquran. 

 

 

Sumber: aboutislam 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement