Jumat 12 Mar 2021 13:42 WIB

5 Hak Keluarga Rasulullah SAW yang Harus Dipenuhi Umatnya

Terdapat hak-hak dan keistimewaan keluarga Rasulullah SAW

Terdapat hak-hak dan keistimewaan keluarga Rasulullah SAW. Ilustrasi Rasulullah
Foto:

(Ya Allah, curahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad, para isterinya dan keturunannya sebagaimana Engkau curahkan kepada keluarga Ibrahim. Ya Allah, curahkanlah keberkahan kepada Muhammad, isteri-isterinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau curahkan keberkahan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji Lagi Maha-Agung)".

3. Tidak memberikan zakat dan sedekah. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW. Beliau pernah bersabda: 

 إن هذه الصدقة إنما هي أوساخ الناس وإنها لا تحل لمحمد ولا لآل محمد صلى الله عليه وسلم "Zakat adalah ‘kotoran’ harta manusia, tidak halal bagi Muhammad, tidak pula untuk keluarga Muhammad SAW." (HR Abu Daud). Dan arti kotoran itu maksudnya membersihkan jiwa dan uang seseorang.

4. Memberi mereka bagian dari hasil dari rampasan perang. Allah SWT berfirman dalam surat al-Anfaal ayat ke-41: 

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ "Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu."     

5. Menghormati garis keutamaan garis keturunan Rasulullah dan para nabi, beliau bersabda: 

إنَّ اللهَ اصطفَى كِنانةَ من ولدِ إسماعيلَ . واصطفَى قريشًا من كنانةَ . واصطفَى من قريشٍ بني هاشمَ . واصطفاني من بني هاشمَ "Allah telah memilih Kinanah dari keturunan Ismail, dan memilih Quraisy dari keturunan Kinanah, dan memilih Bani Hasyim dari keturunan Quraisy, dan memilih aku dari keturunan Bani Hasyim." (HR Muslim).

 

Sumber: islamweb   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement