Jumat 12 Mar 2021 13:42 WIB

5 Hak Keluarga Rasulullah SAW yang Harus Dipenuhi Umatnya

Terdapat hak-hak dan keistimewaan keluarga Rasulullah SAW

Terdapat hak-hak dan keistimewaan keluarga Rasulullah SAW. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Terdapat hak-hak dan keistimewaan keluarga Rasulullah SAW. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Rasulullah ﷺ telah mengabarkan kepada umatnya berkaitan dengan hak-hak keluarga nabi (ahlul bait) yang harus ditunaikan umat islam.  

Dilansir dari laman Islamweb pada Jumat (12/3) terdapat lima hak keluarga Rasulullah yang dapat ditunaikan, dan berikut rincian lengkapnya:

Baca Juga

1. Kasih sayang kepada ahlul bait. Para ulama sepakat bahwa kasih sayang untuk ahlul baik itu penting. Kasih sayang kepada mereka merupakan kasih sayang juga terhadap Nabi ﷺ. Rasulullah bersabda:

 أَهْلَ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي ثَلَاثَ مَرَّاتٍ "Aku ingatkan kalian akan Allah pada Ahlu baitku.'Beliau mengatakan tiga kali'" (HR Darimi). Rasulullah bersabda: 

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لاَ يَدْخُلُ قَلْبَ رَجُلٍ الإِيمَانُ حَتَّى يُحِبَّكُمْ لِلَّهِ وَلِرَسُولِهِ. ثُمَّ قَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ مَنْ آذَى عَمِّى فَقَدْ آذَانِى 

"Demi Allah Yang jiwaku ada dalam kekuasaan-Nya, iman tidak akan masuk pada hati seseorang, sampai dia mencintai kamu karena Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa menyakiti pamanku ini, maka sungguh dia telah menyakiti aku." (HR Imam Nasa'i).

2. Menghadiahkan shalawat dan doa. Dari Humaid As Sa'idi bahwa mereka bertanya; "Wahai Rasulullah, bagaimana cara kami bershalawat kepadamu?" beliau bersabda: 

اللهم صل على محمد وأزواجه وذريته، كما صليت على آل إبراهيم، وبارك على محمد وأزواجه وذريته، كما باركت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد  

'Ucapkanlah oleh kalian; "'Allahumma shalli 'ala Muhammadin wa azwajihi wa dzurriyatihi, kamaa shallaita 'alaa aali Ibrahim. Wabaarik 'alaa Muhammad wa azwajihi wa dzurriyatihi, kamaa baarakta 'alaa aali Ibrahim fil 'alamiina innaka hamiidum-majiid 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement