Jumat 12 Mar 2021 11:13 WIB

Al-Aziz, Sebutan Allah yang Maha Perkasa

Kekuasaan Allah tidak sebatas keberadaan alam semesta.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Al-Aziz, Sebutan Allah yang Maha Perkasa. Sebuah pemandangan pada lukisan dinding Hagia Sophia yang ditutup dengan tirai setelah salat Jumat saat upacara pembukaan resmi Hagia Sophia sebagai masjid di Istanbul, Turki, 24 Juli 2020.
Foto:

Melalui ayat ini Allah mengingatkan, barangsiapa menghendaki kemuliaan, maka ketahuilah kemuliaan itu semuanya milik Allah. Karena itu, jikamenginginkannya, mendekatlah, dan taatilah Allah. Kepada-Nyalah akan naik perkataan-perkataan yang baik, yakni kalimat tauhid là ilàha illallàh, kalimat zikir, atau semua perkataan yang baik dalam pandangan agama dan amal kebajikan, Dia akan mengangkatnya.

Perkataan baik akan naik dan amal yang baik itu dinaikkan untuk diterima dan diberi-Nya pahala. Sehingga pelakunya mendapat kemuliaan dan kedudukan tinggi di sisi-Nya.

Adapun orang-orang yang karena mengikuti hawa nafsu merencanakan kejahatan terhadap orang-orang yang beriman, mereka akan mendapat azab yang sangat keras, dan rencana jahat mereka akan hancur serta tidak mencapai sasarannya. Mereka inilah orang-orang yang jauh dari kemuliaan.

Dikuti dari buku Rahasia Keajaiban Asmaul Husna oleh M. Syafe’ie El-Bantanie, cara meneladani nama dan sifat Allah Al-Aziz dengan selalu menjaga kehormatan dan kemuliaan diri. Jangan lakukan perbuatan tercela yang membuat diri sendiri hina, baik dalam pandangan manusia terlebih dalam pandangan Allah.

Selain itu, juga harus menjauhi sikap merendahkan diri kepada ornag lain karena kekayaan atau kedudukan sosialnya. Sebab, ukuran kemuliaan seseorang terletak pada ketakwaannya. Jika memperbanyak membaca zikir "Ya Aziz" setiap selesai sholat subuh, Insya Allah akan dianugerahi kewibawaan dan kemuliaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement