Rabu 10 Mar 2021 05:00 WIB

5 Cara Bangsa Jin Celakai Umat Manusia 

Bangsa jin juga bisa mencelakai umat manusia dengan caranya

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Bangsa jin juga bisa mencelakai umat manusia dengan caranya. Ilustrasi alam jin
Foto:

Kedua, Jin melukai manusia melalui penyakit ain. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Ummu Salamah RA:

عن أم سلمة رضى الله تعالى عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى في بيتها جارية في وجهها سفعة فقال استرقوا لها

Dari Ummi Salamah,  bahwasannya Nabi melihat di dalam rumah seorang anak perempuan yang di wajahnya terdapat Suf’ah. Maka beliau bersabda : “Padanya ada pengaruh akibat pandangan (al-‘ain). Ruqyah-lah dia ! 

Saf’ah adalah tanda dari setan. Dikatakan pula bahwa dia adalah satu pukulan darinya, yaitu cekungan hitam atau kuning di wajahnya. 

Ketiga, ikut dalam urusan manusia seperti ikut makan dan minum. Dari Jabir, Rasulullah berkata: 

إن الشيطان يحضر أحدكم عند كل شيء، حتى يحضره عند طعامه، فإذا سقطت لقمة أحدكم فليأخذها، وليمط ما كان بها من أذى وليأكلها ولا يدعها للشيطان، فإذا فرغ فليلعق أصابعه، فإنه لا يدري في أي طعامه البركة

“Sesungguhnya setan akan mendatangi salah seorang diantara kalian setiap saat,  hingga dalam masalah makan Apabila suapan makanan salah seorang diantara kalian jatuh , ambillah kembali lalu buang bagian yang kotor dan makanlah bagian yang bersih Jangan dibiarkannya dimakan setan, apabila telah selesai hendaklah dia jilati jari- jemarinya . Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.” (HR Muslim).

Keempat, jin menyakiti bayi sesaat setelah lahir. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat Abu Hurairah RA: 

قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْ بَنِي آدَمَ مَوْلُودٌ إِلَّا يَمَسُّهُ الشَّيْطَانُ حِينَ يُولَدُ فَيَسْتَهِلُّ صَارِخًا مِنْ مَسِّ الشَّيْطَانِ غَيْرَ مَرْيَمَ وَابْنِهَا ثُمَّ يَقُولُ أَبُو هُرَيْرَةَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Abu Hurairah berkata; “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang pun dari anak keturunan Adam yang dilahirkan kecuali dia disentuh oleh setan saat dilahirkan, maka dia akan berteriak (menangis dengan keras) karena sentuhan setan tersebut kecuali Maryam dan anaknya”.  Kemudian Abu Hurairah RA, membaca firman Allah, Ali 'Imran : 36

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Maka ketika melahirkannya, dia berkata, "Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan." Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. "Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak-cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk.” 

Tangisan bayi pada saat itu menandakan adanya rasa sakit akibat sentuhan setan dan saat itu merupakan awal penguasaan setan atas diri anak Adam seperti yang telah dikemukakan Imam Al Qurthubi. 

Kelima, Jin menyebabkan penyakit anak-anak Adam, terutama wabah. Ini sebagaimana ditegaskan Abu Musa Al-Asy'ari RA:  

عن أبي موسى الأشعري - رضي الله عنه - قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فناء أمتي بالطعن والطاعون قالوا: يا رسول الله هذا الطعن قد عرفناه، فما الطاعون ؟ قال: وخز أعدائكم من الجن، وفي كلٍّ شهادة  

Abu Musa Al Asy'ari mengatakan bahwa Rasulullah bersabda : "Kebinasaan umatku ada pada saling menyakiti dan taun.” Merek berkata, “Saling menyakiti (tha’n) kita sudah tahu, lalu apa taun? Rasul berkata, " Yaitu tikaman dari musuh-musuh kalian dari golongan jin dan keduanya adalah dihitung kesyahidan.” 

Dikisahkan Ahmad Ibnu al-Athir berkata, “Tusukan adalah tusukan yang tidak dapat ditembus. Mengenai wabah, Ibnu Sina menejelaskan wabah adalah zat beracun yang menyebabkan tumor fatal yang tidak terjadi kecuali di bagian tubuh yang lunak dan sebagian besar di bawah ketiak, atau di belakang telinga, atau pada bagian depan hidung.

Penyebabnya adalah darah busuk yang cenderung membusuk dan rusak. Sehingga terjadi muntah, mual, sinkop dan jantung berdebar-debar.”

 

Sumber: islamweb  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement