Kamis 04 Mar 2021 23:11 WIB

Ketika Perilaku Baik Kepada Wanita Jadi Takaran Iman

Islam sangat menghormati wanita dan menjunjung martabatnya

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Islam sangat menghormati wanita dan menjunjung martabatnya. Ilustrasi wanita
Foto:

عن أبي هُريرة رضى الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ "‏ أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا ‏"‏

 “Orang percaya yang paling lengkap dalam iman, adalah yang memiliki karakter terbaik.  Dan yang terbaik dari Anda adalah mereka yang paling baik kepada wanita mereka.” (HR. At-Tirmidzi)

2. Memberikan hak-haknya

Nabi Muhammad SAW memperingatkan umatnya untuk memberikan hak-hak wanita dengan adil. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi bersabda:

عن أبي شريح خويلد بن عمرو الخزاعي و أبي هريرة -رضي الله عنهما- عن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال: «اللَّهُمَّ إِنِّي أُحَرِّجُ حَقَّ الضَعِيفَين: اليَتِيم والمَرْأَة

 "Ya Allah, (aku bersaksi) bahwa saya dengan tegas memperingatkan agar tidak melanggar hak-hak dua orang lemah: anak yatim dan wanita."  (HR Ibn Majah dan Ahmad, dinilai Hasan oleh An-Nawawi)

3. Status tinggi seorang ibu

Dalam sebuah hadist, Rasulullah juga mengingatkan untuk meningkatkan hubungan dengan orang tua. Terlebih kepada Ibu yang memiliki keutamaan lebih dari seorang ayah.

  عن أبي هُريرة رضى الله عنه قال: جاء رجل إلى رسول الله ﷺ فقال: يا رسول الله، من أحق الناس بحسن صحابتي؟ -يعني: صحبتي، قال: أمك قال: ثم من؟ قال: أمك، قال: ثم من؟ قال: أمك، قال: ثم من؟ قال: أبوك

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa seorang pria mendatangi Rasulullah dan bertanya: "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang memiliki hak terbesar atas diri saya dalam hal kebaikan dan perhatian?"  Nabi menjawab, "Ibumu. Lalu siapa?, Ibumu. Lalu siapa?, Ibumu. Lalu siapa?,'Ayahmu.'" Sementara itu, Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 195: 

 

فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ أَنِّي لَا أُضِيعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِنْكُمْ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ ۖ بَعْضُكُمْ مِنْ بَعْضٍ "Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement