Kamis 04 Mar 2021 21:04 WIB

Kisah Istighfar Penjual Roti dan Pertemuan dengan Imam Ahmad

Penjual roti bertemu dengan Imam Ahmad berkat rajin baca istighfar

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Penjual roti bertemu dengan Imam Ahmad berkat rajin baca istighfar. Istighfar/ilustrasi
Foto:

Setelah itu Imam Ahmad diusir bahkan didorong dari teras masjid sampai ke jalanan.  

Di samping masjid ada penjual roti yang rumahnya kecil, di rumah itu ia membuat dan menjual roti. Penjual roti itu sedang membuat adonan, sambil melihat kejadian Imam Ahmad didorong-dorong oleh marbut ke jalan.  

Saat Imam Ahmad sampai di jalanan, penjual roti itu memanggil dari jauh dan mengajaknya menginap di rumahnya. Imam Ahmad bersedia dengan ajak menginap itu. 

Imam Ahmad masuk ke rumah penjual roti, duduk di belakangnya yang sedang membuat roti. Imam Ahmad masih tidak memperkenalkan dirinya, ia layaknya seorang musafir. 

Penjual roti ini perilakunya lain daripada umumnya, kalau Imam Ahmad tidak mengajak berbicara, ia terus membuat adonan roti sambil membaca istighfar. Kalau diajak bicara baru menjawab seperlunya. 

Saat meletakkan garam membaca Astaghfirullah, memecahkan telur membaca Astaghfirullah, mencampur gandum membaca Aastaghfirullah. Ia selalu mengucap istighfar.

Imam Ahmad memperhatikan terus, lalu bertanya, "Sudah berapa lama kamu lakukan ini (membaca istighfar setiap saat)?" Penjual roti menjawab, "Sudah lama sekali syekh, saya menjual roti sudah 30 tahun, jadi semenjak itu saya lakukan ini."

Imam Ahmad bertanya lagi, "Apa hasil dari perbuatanmu ini?" Penjual roti menjawab, "Hajat yang saya minta pasti dikabulkan Allah, semua yang saya minta kepada Allah langsung diterima."

Penjual roti menambahkan, "Semua dikabulkan Allah kecuali satu, masih satu yang belum Allah kabulkan." Imam Ahmad penasaran kemudian bertanya, "Apa itu?" 

Penjual roti menjawab, "Saya minta kepada Allah supaya dipertemukan dengan Imam Ahmad." 

Seketika itu juga Imam Ahmad bertakbir. Kemudian berkata, "Allah telah mendatangkan saya jauh dari Baghdad ke Bashrah, bahkan sampai didorong-dorong marbut masjid itu sampai ke jalanan karena istighfar yang kamu lakukan."

 

Penjual roti terperanjat dan memuji Allah, karena ternyata yang di depannya adalah Imam Ahmad. Sosok yang sangat ingin ditemuinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement