Senin 22 Feb 2021 07:31 WIB

Perbedaan Pandangan Ulama tentang Basmalah

Sahabat Rasulullah sependapat menuliskan basmalah pada permulaan surah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Perbedaan Pandangan Ulama tentang Basmalah
Foto:

Pendapat lainnya menjelaskan, basmalah adalah salah satu ayat dari al-Fatihah dan pada surah an-Naml ayat 30. 

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)-nya, "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

Ini adalah pendapat Imam Syafi'i beserta ahli qiraah Makkah dan Kufah. Sebab itu, menurut mereka, Basmalah itu dibaca dengan suara keras dalam sholat (jahar). Dalil-dalil yang menunjukkan hal itu antara lain Nabi Muhammad 

عَنْ ابن عباس قال: كانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْهَرُ ِببِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِِ رواه الحاكم فى المستدرك وقال صحيح) 

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, Rasulullah mengeraskan bacaan Bismillahirrahmanirrahim. (Riwayat Al Hakim dalam al-Mustadrak dan menurutnya, hadis ini sahih).

عَنْ اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَطِّعُ قِرَأَتَهُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ، الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِِ، مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ (رواه أحمد وابوداود وابن خزيمة والحاكم وقال الدار قطنى سنده صحيح

Dari Ummu Salamah, katanya, Rasulullah berhenti berkali-kali dalam bacaanya Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulilahi Rabbil Alamin, Arrahmani Rahimi. Maliki Yaumiddin, (Riwayat Ahmad, Abu Daud, ibnu Khuzaimah, dan Al Hakim. Menurut ad daruqutni sanad hadits ini sahih).

sumber : Tafsir Tahlili Al Quran Kementerian Agama RI
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement