Senin 22 Feb 2021 06:30 WIB

Pahala Sholat Berjamaah di Rumah Sama dengan di Masjid?

Hadits diatas berlaku untuk sholat berjamaah di masa aman tanpa adanya udzur syari’i.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Pahala Sholat Berjamaah di Rumah Sama dengan di Masjid?
Foto:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang hamba sakit atau melakukan safar (perjalanan jauh), maka dicatat baginya pahala sebagaimana kebiasaan dia ketika mukim dan ketika sehat.” (HR. Bukhari)

Dari hadits itu, Ibnu Hajar Al-Asqalani mengatakan hadits di atas berlaku untuk orang yang ingin melakukan ketaatan lantas terhalang dari melakukannya. Padahal ia sudah punya niatan kalau tidak ada yang menghalangi, amalan tersebut akan dijaga rutin (Ibnu Hajar al-Asqalani, Fath Al-Bari, juz 6, hal. 136).

 

“Jadi, semoga kita semua meski sholatnya di rumah karena biasanya sholat berjamaah di masjid, akan tetap mendapatkan pahala sholat berjamaah di masjid seperti biasanya. Maka, mari sama-sama berdoa kepada Allah subhanahu wa ta'ala semoga wabah ini segera diangkat oleh Allah, Allah limpahkan kesabaran dan kebaikan kepada Kita. Sehingga dari ujian ini, Kita keluar sebagai orang-orang yang paling baik amalnya. Semua bisa kembali merasa aman dan nyaman dalam beribadah, berjamaah, mengaji, termasuk juga mencari rezeki halal. Amin,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement