Selasa 09 Feb 2021 13:32 WIB

Bagaimana Mencari Tahu Jawaban dari Sholat Istikharah?

Jawaban tidak selalu hadir melalui mimpi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Mencari Tahu Jawaban dari Sholat Istikharah?
Foto:

"Ya Allah, saya berkonsultasi dengan-Mu melalui pengetahuan-Mu, dan saya mencari kekuatan melalui kekuatan-Mu, dan meminta karunia besar-Mu; karena Engkau Mampu sedangkan aku tidak, dan Engkau tahu dan aku tidak, dan Engkau Maha mengetahui hal-hal tersembunyi.

"Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa masalah atau pilihan ini baik untukku dalam hal agamaku, kehidupanku, dan konsekuensi dari urusanku, maka tetapkan itu untukku, buatlah mudah bagiku dan berkatilah aku.

"Tetapi jika Engkau tahu masalah ini (sebutkan) berdampak buruk bagi agamaku, mata pencaharianku, atau konsekuensi dari urusanku. Maka jauhkan itu dariku, dan jauhkan aku darinya, dan beri aku kekuatan melakukan kebaikan apa pun itu, dan membuatku puas dengannya."

Baca juga: Bacaan Lengkap Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah semua itu, kepercayaan kepada Allah dalam mencari petunjuk adalah hal terpenting. Logikanya, karena ini adalah hubungan dua arah. Sebagai seorang hamba yang beriman ia selalu mencari petunjuk Allah untuk kemudahan menemukan bimbingan dan kebaikan di dalamnya. 

Allah SWT berfirman dalam Alquran: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Jadi biarkan mereka mendengar panggilan-Ku dan biarkan mereka percaya kepada-Ku, agar mereka dapat dipimpin dengan benar (QS Al-Baqarah ayat 186).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement