Selasa 02 Feb 2021 18:17 WIB

Rasulullah Ajari Membaca Ini Saat Marah

Sesungguhnya marah itu dari setan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Rasulullah Ajari Membaca Ini Saat Marah. Ilustrasi Amarah.
Foto:

Lalu orang-orang berkata kepada laki-laki itu, "Apakah kamu tidak mendengar apa yang dikatakan oleh Nabi SAW? Laki-laki itu menjawab, "Sesungguhnya aku tidaklah gila." (HR Bukhari)

Dalam sabda Nabi Muhammad SAW lainnya, beliau menganjurkan orang yang sedang marah untuk berwudhu. Supaya marahnya menjadi reda.

حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ خَلَفٍ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا أَبُو وَائِلٍ الْقَاصُّ قَالَ دَخَلْنَا عَلَى عُرْوَةَ بْنِ مُحَمَّدٍ السَّعْدِيِّ فَكَلَّمَهُ رَجُلٌ فَأَغْضَبَهُ فَقَامَ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ رَجَعَ وَقَدْ تَوَضَّأَ فَقَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي عَطِيَّةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya marah itu dari setan dan setan diciptakan dari api, sementara api akan mati dengan air, maka jika salah seorang dari kalian marah hendaklah berwudhu," (HR Abu Dawud).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement