Senin 01 Feb 2021 04:55 WIB

Lima Syarat Sah Sholat, Wajib Diketahui Muslim

Jika mengabaikan syarat sah, maka sholat seorang Muslim dianggap tidak sah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Lima Syarat Sah Sholat, Wajib Diketahui Muslim
Foto:

2. Suci dari hadats besar dan kecil

Menurut Ibnu ‘Umar, Nabi SAW pernah bersabda, "Allah tidak menerima sholat (yang dikerjakan) tanpa bersuci". Selain itu, dalam QS Al-Maaidah ayat 6 juga dituliskan, "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah…".

3. Suci badan, pakaian dan tempat sholat

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian mendatangi masjid, maka hendaklah ia membalik sandal dan melihatnya. Jika ia melihat najis, maka hendaklah ia menggosokkannya dengan tanah. Kemudian hendaklah ia sholat dengannya".

Disebutkan sebelumnya, barangsiapa telah menjalankan sholat dan dia tidak tahu kalau dia terkena najis, maka sholatnya sah dan tidak wajib mengulang.

Namun, jika dia mengetahuinya ketika sholat, maka jika memungkinkan untuk menghilangkannya, maka dia harus melepaskannya dan menyempurnakan sholat. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, dia tetap melanjutkan sholatnya dan tidak wajib mengulang.

Berdasarkan hadits Abu Sa’id, disebutkan Nabi SAW pernah sholat lalu melepaskan kedua sandalnya. Maka orang-orang pun turut melepas sandal-sandal mereka. Ketika selesai, beliau membalikkan badan dan berkata, ‘Kenapa kalian melepas sandal kalian?’

Mereka menjawab, ‘Kami melihat Anda melepasnya, maka kami pun melepasnya’. Beliau lantas berkata, ‘Sesungguhnya Jibril datang kepadaku dan mengatakan bahwa pada kedua sandalku terdapat najis. Jika salah seorang di antara kalian mendatangi masjid, maka hendaklah membalik sandalnya dan melihatnya. Jika dia melihat najis, hendaklah ia gosokkan ke tanah. Kemudian hendaklah ia sholat dengannya".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement