Senin 25 Jan 2021 05:45 WIB

Dekorasi Menakjubkan Pintu Tua Najd

Dekorasi pintu Najd terinspirasi dari tanaman, bunga liar, dan pepohonan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Dekorasi Menakjubkan Pintu Tua Najd
Foto:

Demikian pula, pintu yang memisahkan rumah dari majelis memiliki dua panel, dan biasanya didekorasi di kedua sisi untuk penghuni maupun tamu. Ia menjelaskan, ada jenis ragam hias yang tersebar di Najd, di antaranya hadaire.

Rancangan ini berupa segitiga sebagai ornamen yang ditempatkan pada eksterior rumah berbentuk melingkar yang menutupi seluruh bagian rumah. Bagian atas segitiga ini mengarah ke bawah dan berkontribusi pada aliran air secara efisien sehingga tidak mempengaruhi ketahanan dinding.

Jenis dekorasi lainnya adalah “lahj,” yang terdiri dari segitiga yang diukir di dinding untuk membuat jendela yang diatur sedemikian rupa sehingga mengontrol masuknya cahaya dan keluarnya asap saat kayu dibakar untuk pemanas dan memasak. Ini juga digunakan untuk penyimpanan.

Al-Suwaih menambahkan seorang pembangun akan mengulang segitiga, kotak, dan garis, dan lingkaran tersebut akan tumpang tindih hingga ada dekorasi yang estetis. “Para pembangun menyukai motif tumbuhan dan geometris dan menghindari motif manusia dan hewan karena kepercayaan agama. Dekorasi yang paling terkenal adalah perpotongan lingkaran berbentuk bunga. Bintang juga digunakan. Warna yang paling disukai adalah hijau, ungu, merah tua, dan kuning, dan warnanya cerah dan diambil dari pohon - hijau dari akasia dan kuning dari buah akasia," ujarnya.

Al-Suwaih menjelaskan, seiring berjalannya waktu, serbuk yang didatangkan dari luar negeri dicampur dengan beberapa bahan lokal, seperti molase, kulit delima, dan gula untuk melindungi warna pintu dan membuatnya lebih cerah. Delima dimasak berjam-jam sampai akhirnya digunakan sebagai perekat warna-warna ini.

Hiasan pada pintu merupakan elemen budaya untuk dinikmati para tamu dan menghindari kebosanan. “Seolah-olah para tamu sedang mendengarkan lagu, membaca puisi, atau melihat lukisan. Para tamu akan merasa diterima, menikmati estetika, dan merasa santai," katanya.

 

https://www.arabnews.com/node/1785961/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement