Ahad 17 Jan 2021 05:45 WIB

Pentingnya Sholat Istikharah

Istikharah yakni mengakui manusia tidak memenuhi syarat untuk membuat pilihan terbaik

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Pentingnya Sholat Istikharah
Foto:

Berdasarkan pengetahuan yang terbatas, seseorang tidak dapat memprediksi masa depan atau yakin apa efek dari pilihan yang diambil nantinya. Bayangkan jika seseorang dapat menemukan keputusan yang tepat, bukan keputusan yang akan membuat bahagia sementara atau mencapai tujuan jangka pendek.

Akan tetapi pilihan yang akan menjadi kepentingan terbaik dari keyakinan dan mata pencaharian, serta menuntun seseorang kepada tingkat kepuasan terbesar. Cara untuk melaksanakan sholat istikharah sederhana. Cukup dengan berwudhu, sholat dua rakaat, dan lafalkan kata-kata permohonan.

Dengan ritual ini, seseorang berserah sepenuhnya kepada Allah Ta'ala, menempatkan jiwa dan harapannya di tangan-Nya, dan kemudian berserah diri dalam damai apapun hasilnya nanti. Semua stres dan kecemasan dalam mencoba memprediksi masa depan dan mempertimbangkan setiap kemungkinan akan hilang karena manusia telah mempercayakannya kepada Yang Maha Mengetahui.

Adapun istikharah yakni mengakui manusia tidak memenuhi syarat untuk membuat pilihan terbaik. Untuk itu manusia meminta kepada Allah Ta'ala untuk mengatur urusannya.

Sementara itu, buah dari istikharah bukanlah mimpi atau tanda lainnya. Akan tetapi, seseorang menempatkan jiwanya kepada-Nya dan percaya Allah Ta'ala akan membimbing manusia menuju apa yang benar di jalan-Nya.

Begitu selesai berdoa, seseorang bisa berhenti khawatir dan merasa nyaman. Mereka dapat menggunakan kebijaksanaan, wawasan, saran dari orang lain, dan keterampilan memecahkan masalah untuk membuat keputusan terbaik.

 

Apapun yang dipilih semenjak saat itu, dan seterusnya akan menjadi bagian dari kebijaksanaan dan kasih sayang-Nya, serta akan menjadi yang terbaik untuk hidup manusia di dunia ini dan di akhirat. Kelegaan dan kedamaian batin lewat Istikharah bagi jiwa manusia akan tak ternilai harganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement