Selasa 10 Nov 2020 04:20 WIB

Tata Cara Sujud Syukur, yang Kini Juga Populer di Eropa

Sujud syukur disunnahkan sebagai bentuk ekspresi syukur hamba

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Sujud syukur disunnahkan sebagai bentuk ekspresi syukur hambaIlustrasi sujud syukur
Foto:

Tata cara 

Terdapat dua opsi yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan sujud syukur. Tata cara yang pertama adalah sebagaimana dipraktikkan dalam Mazhab Syafii: 

1. Niat

Memulai sujud syukur dengan membaca niat: نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى  “Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala”.

2. Takbiratul ihram

Setelah membaca niat, dengan posisi tubuh berdiri tegak, maka seorang muslim harus bertakbiratul ihram seperti halnya sholat.

3. Sujud

Setelah takbiratul ihram, tanpa membaca Al-Fatihah atau surat seperti sholat, maka langsung bersujud seperti tata cara sujud sholat. Hanya saja, dalam sholat sujud dilakukan dua kali dalam satu rakaat. Dalam sujud syukur hanya sekali. Saat sujud juga dengan membaca: 

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

"Sajada wajhiya lilladzii khalaqohu wa showwarohu wa syaqqo sam' uhu wa bashorohu bi haulihi wa quwwatihi fa tabaarokallahu ahsanul khaliqiin"

 

photo
Bersujud (ilustrasi). - (Reuters)

Bisa juga menambah dengan doa sebagaimana yang tersebut dalam Alquran surat an-Naml ayat 19: 

رَبِّ اَوۡزِعۡنِیۡۤ اَنۡ اَشۡکُرَ نِعۡمَتَکَ الَّتِیۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَیَّ وَ عَلٰی وَالِدَیَّ وَ اَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰىہُ وَ اَدۡخِلۡنِیۡ بِرَحۡمَتِکَ فِیۡ عِبَادِکَ الصّٰلِحِیۡنَ

"Robbi auzi'ni an asykuro ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣooliḥan tarḍohu wa adkhilnī biroḥmatika fi 'ibādikaṣ-ṣoliḥīn."

4. Salam

Tidak seperti bacaan sholat, setelah sujud orang yang bersujud syukur langsung melakukan salam. Gerakan salam seperti sholat biasa.

Tata cara yang kedua, mengutip Al-Musu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyah, disebutkan secara umum tata cara sujud syukur persis dengan sujud tilawah atau sujud sajdah karena mendengar dan membaca ayat-ayat sajadah.

 

Dalam sujud syukur ini, tidak berlaku syarat dan ketentuan dalam sholat, antara lain tanpa takbiratul ihram, membaca surat, tasyahud, dan tanpa salam, dan bahkan tanpa bersuci. Tidak ada ketentuan doa khusus menurut referensi ini. Muslim disunnahkan untuk berdoa apapun yang menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang diterima.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement