Sabtu 07 Nov 2020 05:01 WIB

Cara Bersikap kepada Orang Tua Non-Muslim

Islam mengajarkan umat Muslim senantiasa bersikap baik kepada orang tua.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Cara Bersikap kepada Orang Tua Non-Muslim. Orang tua dan anak (ilustrasi).
Foto:

Ulama terkemuka asal Arab Saudi, Sheikh Muhammad Saleh Al-Munajjid mengatakan, apa yang dilakukan oleh seorang anak saat menghadapi orang tua non-Muslim adalah tetap harus menyapa, memberi salam, dan memperlakukan orang tua dengan cara terbaik.  Selain itu, jangan pernah berpikir pilihan masuk Islam dan membuat orang tua marah adalah sebuah dosa. 

Ingatlah ketika seseorang menyenangkan Allah meskipun itu membuat orang marah, Allah akan senang padanya dan akan membuat orang-orang senang padanya. "Terus berdoa untuk orang tuamu, sehingga Allah membimbing mereka kepada kebenaran dan memberikan hidayah sehingga mereka memeluk Islam. Bisa jadi, Allah akan membimbing mereka melalui kamu," ujar Syekh Al-Munajjid.

Al-Munajjid kemudian memberikan sebuah contoh, Abu Hurairah RA juga memiliki seorang ibu non-Muslim. Berkali-kali Abu Hurairah mengajak ibunya memeluk Islam tapi selalu gagal. Namun, Abu Hurairah terus bersikap baik kepada ibunya.

Suatu ketika, Abu Hurairah mencoba menegurnya atas ucapan yang menghina Nabi Muhammad SAW. Hal ini sangat membebani Abu Hurairah, sampai-sampai dia mendatangi Nabi dan mengeluh seraya berkata, “Ya Rasulullah. Saya selalu berusaha membuat ibu saya menerima Islam, tetapi dia selalu menolak menerimanya. Tetapi hari ini ketika saya memintanya untuk percaya kepada Allah Yang Maha Kuasa, dia menjadi sangat kesal dan mulai menghina Anda, hal yang saya tidak tahan dan air mata mengalir dari mata saya. Ya Rasulullah! Berdoalah kepada Allah agar Dia membuka hati ibuku untuk Islam." 

Nabi SAW lantas segera mengangkat tangannya dan berdoa, “Ya Allah SWT, tuntunlah ibu Abu Hurairah.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement