Sabtu 07 Nov 2020 05:01 WIB

Cara Bersikap kepada Orang Tua Non-Muslim

Islam mengajarkan umat Muslim senantiasa bersikap baik kepada orang tua.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Cara Bersikap kepada Orang Tua Non-Muslim. Orang tua dan anak (ilustrasi).
Foto:

Ini sedikit melegakan Abu Hurairah. Sesampainya di rumah, dia menemukan pintu rumahnya dikunci dari dalam, tetapi dia mendengar suara air mengalir. Itu meyakinkannya bahwa ibunya sedang mandi. Mendengar langkah kaki anaknya, dia buru-buru selesaikan mandi, lalu membuka pintu dan berkata, “Wahai anakku Abu Hurairah, Allah telah menjawab doamu. Jadilah saksi saya mengucapkan syahadat."

Abu Hurairah mulai menangis karena sangat bahagianya. Abu Hurairah langsung kembali kepada Nabi dengan kabar bahagia itu. Nabi juga senang mendengarnya. Kemudian Rasulullah berdoa, “Ya Allah, taruhlah cinta Abu Hurairah dan ibunya di hati semua Muslim sejati dan taruhlah cinta semua Muslim sejati di hati mereka berdua.”

"Saudaraku, cobalah membiarkan orang tuamu melihat Islam melalui teladanmu yang baik. Mungkin Allah akan menerangi hati mereka saat mereka melihat kamu menampilkan Islam dengan cara terbaik," ucap Syekh Al-Munajjid.

Pada intinya, Islam mengajarkan umat Muslim senantiasa bersikap baik kepada orang tua, termasuk apabila orang tua mereka non-Muslim. Tetapi jika orang tua non-Muslim mencoba menyesatkannya anaknya untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan Islam, maka hal tersebut tidak harus dipatuhi.

 

Begitu juga apabila orang tua non-Muslim mengatakan hal-hal buruk tentang Islam, maka tidak perlu bergabung dengan diskusi dan pembicaraan sarkastik mereka. Anda harus terus berdoa kepada Allah untuk menunjukkan kepada mereka jalan yang lurus dan menunjukkan kepada mereka citra Islam yang sebenarnya melalui perilaku Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement