Rabu 30 Sep 2020 04:50 WIB

Cara Mengangkat Tangan Saat Berdoa

Tangan seorang hamba dapat diangkat sejajar dengan kedua pundak.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Cara Mengangkat Tangan Saat Berdoa. Ilustrasi Berdoa
Foto: Pixabay
Cara Mengangkat Tangan Saat Berdoa. Ilustrasi Berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang hamba hendaknya berdoa dengan keikhlasan hati karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Pada saat berdoa, maka tangan seorang hamba dapat diangkat sejajar dengan kedua pundak.

Dikutip dari buku Kumpulan Doa dari Alquran dan As sunnah yang Shahih karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma berpendapat cara mengangkat tangan dalam berdoa, yakni kedua tangan diangkat hingga sejajar dengan kedua pundak, beristighfar dengan berisyarat satu jari. Adapun ibtihal, yaitu (istighatsah) mengangkat kedua tangan tinggi-tinggi (HR Abu Dawud).

Baca Juga

Imam al-Qasim bin Muhammad berkata, "Aku melihat Ibnu Umar berdoa di al Qashi dengan mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua pundaknya dan kedua telapak tangannya dihadapkan ke arah wajah.

Adapun doa istisqa (minta hujan) dengan mengangkat tangan tinggi-tinggi dan mengarahkan punggung telapak tangan ke langit. Dari Anas Radhiyallahu Anhu bahwa beliau melihat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berdoa saat istisqa dengan mengangkat tangan tinggi-tinggi, mengarahkan punggung telapak tangan ke langit dan mengarahkan tangan sebelah dalam ke arah bumi hingga terlihat putih kedua ketiak beliau (HR Abu Dawud dan Al-Bukhari).

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement