Sabtu 18 May 2024 16:54 WIB

Al-Qarawiyyan, Universitas Tertua di Dunia Dibangun Muslim di Afrika

Al-Qarawiyyan dianggap sebagai perpustakaan tertua di Afrika.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Kota yang Dibangun Peradaban Islam
Foto:

Transfer Pengetahuan ke Eropa

Di panggung dunia, Al-Qarawiyyan, pada abad pertengahan, memainkan peran utama dalam pertukaran budaya dan transfer pengetahuan antara Muslim dan Eropa. Ulama perintisnya antara lain Ibnu Maymun (Maimonids, (1135-1204) yang diajar di Al-Qarawiyyan oleh Abdul Arab Ibnu Muwashah. 

Al-Idrissi (wafat 1166 M) yang terkenal, dikabarkan ia menetap di Fes dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini menunjukkan bahwa ia pasti pernah bekerja atau belajar di Al-Qarawiyyan. Sumber juga mencantumkan sejumlah tokoh seperti Ibnu Al-'Arabi (1165-1240 M), Ibnu Khaldun (1332-1395 M), Ibnu Al-Khatib, Alpetragius, Al-Bitruji, Ibnu Harazim, dan Ibnu Wazzan dikatakan semuanya mengajar di Al-Qarawiyyan. Beberapa catatan sejarah juga menyebutkan bahwa Ibnu Zuhr (yang meninggal 1131 M) menghabiskan banyak waktu bepergian antara Andalusia, Fes, dan Marrakesh (kota di barat daya Maroko).

Di antara saksi Kristen atas kontribusi Al-Qarawiyyan adalah Gerbert dari Aurillac (930-1003), yang terkenal sebagai Paus Sylvester II, dan yang berjasa memperkenalkan penggunaan angka nol dan angka Arab ke Eropa, belajar di Al-Qarawiyyan. 

Nichola Louvain dari Belgia menetap di Fes pada tahun 1540 dan belajar bahasa Arab di Al-Qarawiyyan. Kemudian diikuti oleh Deutch Golius yang juga belajar bahasa Arab di sana.

Meskipun demikian dahsyatnya peran Al-Qarawiyyan mencerahkan masyarakat dengan ilmu pengetahuan, Prancis yang terkenal sebagai penjajah pelaku kolonial tetap menyebut Al-Qarawiyyan dengan sebutan Dark House atau rumah gelap. Hal tersebut dikatakan oleh Lyautey seorang Jenderal Prancis yang memimpin Misi Peradaban Prancis di Maroko. Itu komentar yang menunjukkan sedikitnya rasa hormat Lyautey terhadap peradaban.

Fuji E Permana

Sumber:

https://muslimheritage.com/qarawiyyin-mosque-university/

 

www.oxfordscholastica.com

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement