Jumat 19 Apr 2024 16:42 WIB

Karomah Amir Bin Abd Qais, Mampu Taklukkan Ular dan Singa

Ia adalah seorang ahli ibadah dan tabiin yang doanya selalu dikabulkan Allah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karomah merupakan kejadian luar biasa yang dianugrahkan Allah kepada orang-orang saleh, orang-orang pilihan, di mana sepanjang hidupnya benar-benar taat kepada Allah SWT. Hamba-hamba pilihan ini termasuk para waliyullah.

Di antara para waliyullah ini adalah Amir bin Abd Qais. Ia adalah seorang ahli ibadah dan seorang Tabiin yang doa-doanya selalu dikabulkan Allah. Namun demikian, ia tidak pernah mendoakan hal buruk kepada siapapun, termasuk ketika dia difitnah hingga membuatnya diusir dan diasingkan ke Syam.

Baca Juga

Dikutip dari buku Shalat Orang-Orang Saleh karya Ahmad Mushthafa Ata-Thahthawi, Amru bin Abd Qais termasuk Tabiin yang memiliki karomah. Salah satunya, konon ia melaksanakan sholat di suatu lembah yang banyak binatang buasnya.

Ada seekor binatang buas mendatanginya dan mencoba menerkamnya dari arah belakang. Binatang itu mencengkeramkan kedua tangan beserta kuku-kuku tajamnya di kedua pundak Amir bin Abd Qais.

Namun, ia tetap saja melanjutkan shalatnya, tanpa bergerak dan menoleh sedikitpun. Ketika itu ia sedang membaca surat Hud ayat 103 "Hari kiamat itu adalah suatu hari yang semua manusia dikumpulkan untuk (menghadapi)nya, dan hari itu adalah suatu hari yang disaksikan (oleh segala makhluk)."

Ketika melihat Amir bin Abdu Qais tidak menunjukkan reaksi apa-apa, binatang itu pun pergi dengan sendirinya. "Demi Allah, tidakkah kamu takut dengan apa yang barusan kamu lihat?" tanya orang-orang yang melihat kejadian itu. "Saya sungguh malu kepada Allah SWT kalau harus takut kepada selain-Nya," jawab Amir bin Abd Qais.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement