Selasa 19 Mar 2024 10:54 WIB

Apakah Jin Jatuh Cinta Layaknya Manusia? Serba-serbi tentang Jin dan Manusia

Mantan mufti Mesir menjawab pertanyaan tentang jin dan cara melindungi diri darinya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi api dan kegelapan
Foto:

Doa Perlindungan dari Kejahatan Jin

Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut:

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يَتَعَوَّذُ مِنَ الجَانِّ، وعَيْنِ الإنسان، حتى نَزَلَتْ المُعَوِّذتان، فلمَّا نَزَلَتا، أخذ بهما وتركَ ما سواهما.

Diriwayatkan dari Abu Said Al Khudri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Dahulu Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam sering memohon perlindungan dari kejahatan jin dan 'ain manusia, hingga turun Al Mu'awwidzatain. Setelah itu, beliau pun membaca dua surat tersebut dan meninggalkan selainnya (bentuk permohonan berlindung yang sejenis kala itu)." (HR. Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Majah)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah SAW biasa memohon berlindung kepada Allah dari kejahatan jin dan mata jahat orang-orang yang iri hati, dengan berdoa dan dzikir dengan mengucapkan أعوذ بالله من الجان وعين الإنسان (a'uudzubillahi minal jaan wa 'aynil insaan).

Hingga kemudian turunlah Surat Al Mu'awwidzatain yaitu Surat Al Falaq dan An Nas. Kemudian beliau SAW sering menggunakan dua surat pendek tersebut untuk memohon perlindungan dan meninggalkan bentuk lain dalam memohon perlindungan.

Sumber: Masrawy

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement