Selasa 05 Mar 2024 16:15 WIB

Tanda Orang yang Ajalnya Sudah Dekat, Begini Penjelasannya

Ajal akan mendatangi siapapun pada waktunya.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi memakamkan jenazah.
Foto:

Sementara itu, bagi orang kafir sebagaimana bersandar pada riwayat Ibnu Juraij dari Nabi SAW, beliau pernah berkata kepada Aisyah RA tentang firman Allah SWT yang berbunyi,

حَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُوْنِ ۙ

(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu) hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, "Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia)." (QS Al Mukminun: 99) 

Berdasarkan Tafsir Al-Muyassar, ayat ini menjelaskan tentang keadaan orang yang sakaratul maut, baik dari orang-orang kafir atau orang-orang yang melalaikan perintah Allah, hingga apabila dia mendekati kematiannya, dan menyaksikan siksaan yang diancamkan kepadanya, dia berkata, “Wahai Tuhanku, kembalikanlah aku ke dunia,” 

Dengan demikian, terdapat perbedaan kondisi orang kafir dan orang beriman. Sebab, orang beriman semasa hidupnya rajin beribadah, melaksanakan perintah Allah SWT, dan meninggalkan larangan-Nya. 

 

Sedangkan, orang kafir di alam Barzakh meminta kepada Allah untuk kembali ke dunia untuk beramal soleh. Karena semasa hidupnya banyak melakukan dosa dan tidak melakukan perintah Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement