Rabu 14 Feb 2024 00:33 WIB

Mungkinkah Rezeki Berlimpah tanpa Sedekah?

Bersedekah sama saja berdagang dengan Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah beristirahat di Masjid Istiqlal, Jakarta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah beristirahat di Masjid Istiqlal, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedekah adalah amaliyah yang mendatangkan rezeki berlimpah. Sejatinya sedekah bukan hal yang biasa. Sedekah selain mendatangkan berkah, juga menghujani seseorang dengan berbagai karunia Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

"Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS. Saba' ayat 39)

Ayat itu membawa kabar gembira bagi orang-orang yang menyedekahkan hartanya karena Allah, bahwa Allah akan membalas apa yang mereka keluarkan di dunia dengan kebaikan dan keberkahan. Dan di akhirat nanti ada pahala dan balasannya.

Keutamaan Sedekah

Hadits berikut ini juga menjelaskan tentang keutamaan sedekah:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

Dari Abu Hurairah RA hingga sampai kepada Nabi SAW, beliau bersabda, "Allah Tabaraka wa Ta'ala berfirman, 'Wahai anak Adam, berinfaklah kamu niscaya Aku akan memberikan ganti kepadamu.'" (HR. Muslim)

Dalam hadits lain...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement