Kamis 25 Jan 2024 22:21 WIB

Jika Kematian Disebut Mengerikan, Ada yang Lebih Berbahaya Dibanding Mati Itu Sendiri 

Kematian adalah rahasia yang hanya diketahui Allah SWT

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Taburan bunga disalah satu makam (ilustrasi). Kematian adalah rahasia yang hanya diketahui Allah SWT
Foto:

Hadits tersebut mengandung pesan bahwa mengingat kematian dan akhirat merupakan salah satu motivasi atau pendorong yang bersifat hakiki untuk memperbaiki hubungan antara hamba dengan Tuhannya, serta menghilangkan kekhawatiran duniawi dari pikirannya. 

Kata 'Haa-dzim' merujuk pada sesuatu yang memutus atau mengganggu kesenangan. Nabi SAW menganjurkan untuk memperbanyak mengingat sesuatu yang memutus atau mengganggu atau memadamkan kesenangan duniawi.

Baca juga: 5 Pilihan Doa Ini Bisa Jadi Munajat kepada Allah SWT Perlancar Rezeki

Nabi SAW juga mengungkap hal apa yang dapat mengganggu atau memadamkan kesenangan duniawi. Beliau SAW menyebut 'Al-Mawt' yang berarti kematian. Sebab, kematian adalah suatu alasan yang menghalangi seseorang tenggelam dalam hawa nafsu dan dosa. 

Ketika seorang Muslim ingat mati, hawa nafsu maupun dosa yang hendak diperbuat oleh seseorang pun tidak diteruskan. Mengingat kematian sejatinya mengarahkan orang yang berdosa itu ke jalan yang lurus untuk memperbanyak amal surga. 

Ingat mati akan menjauhkan seseorang dari segala sesuatu yang mendekatkannya ke api neraka sekaligus menjadi peringatan bagi jiwa agar tidak terjerumus dan tidak tenggelam dalam lautan kesenangan dunia yang fana. 

 

photo
Infografis Belajar Menghadapi Cobaan dari Nabi Muhammad - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement