Jumat 05 Jan 2024 17:23 WIB

Cara Menghilangkan Najis Kencing Balita di Kasur dan Lantai

Dalam Islam, air kencing anak yang sudah makan dan minum masuk kategori najis.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bayi yang sedang digantikan popok (ilustrasi).
Foto:

Cara membersihkan najis kencing balita di kasur

1. Harus membuang najis (ompol) terlebih dahulu. Caranya dengan mengambil tisu dan meletakkannya di area najis untuk menyerap ompol tersebut. Lakukan berulang-ulang sampai terasa ompol sudah terserap ke tisu (cukup dengan memperkirakan, tidak perlu menjilat). Lalu, buang tisu yang terkena najis itu.

2. Pada tahap ini perlu untuk menggunakan sedikit air dan menggosok pada area najis, lalu keringkan kembali dengan tisu atau kain bersih lainnya.

3. Tuangkan air suci menyucikan pada area najis tersebut, maka sucilah kasur tersebut, meskipun air dalam kondisi menggenang di atasnya atau meresap ke dalam kasur.

Cara yang sama juga bisa dilakukan pada lantai, karpet, sofa, bantal dan lainnya. Jangan sampai, saat anak kencing di lantai, Anda justru langsung mengepel lantai tersebut dan seisi rumah. Repot dan melelahkan pastinya.

Menurut pengalaman penulis, cara yang sama juga bisa dilakukan agar najis tidak melebar ke tempat atau area yang lain. Misalkan, saat anak pipis di lantai, cara menyucikannya adalah sebagai berikut.

Cara menyucikan area terkena najis

  • Tandai area najis tersebut dengan spidol
  • Lalu angkat najisnya menggunakan tisu dan dibuang
  • Percikkan sedikit air pada area yang telah dilingkari spidol, dan dilap kembali dengan tisu
  • Tuang air suci-menyucikan dalam lingkaran spidol lalu łap dengan tisu atau kain bersih, lakukan beberapa kali sampai tidak tercium bau kencing tersebut.

Tentu cara ini bisa lebih menghemat tenaga dan hemat waktu, tanpa harus mengepel seluruh lantai rumah berkali-kali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement