Selasa 19 Dec 2023 16:16 WIB

Indahnya Taman Kota Abad Pertengahan di Mata Ilmuwan Barat Barat dan Inspirasi Alquran 

Peradaban Islam Abad Pertengahan membangun taman-taman indah

Taman di Alhambra (ilustrasi). Peradaban Islam Abad Pertengahan membangun taman-taman indah
Foto:

Menurut Le Bon, karakteristik seni masyarakat Muslim Arab di era keemasan begitu imajinatif, cerdas, megah dan rimbun dalam dekorasi. Selain itu, detail-detailnya begitu fantastis. Hal itu bisa dilihat dari taman-taman yang dibangun pada masa itu. 

Saat era kejayaan Islam, Malaga, kota pelabuhan di Andalusia,Spanyol, tampak mempesona jika dilihat dari berbagai penjuru, sekalipun. 

Dari Velez hingga Fuengirola yang berjarak lebih dari 40 mil (64,36 km), pantai Malaga menampakkan perkebunan daun ara yang tak terputus. Begitu indah dan mempesona. 

Peradaban Islam di era keemasan memang sangat memberi perhatian yang besar pada tumbuh-tumbuhan. 

Tak heran, jika Felipe Fernndez-Armesto, seorang guru besar sejarah global environmental dari University of London mengatakan, peradaban Islam di abad kejayaan begitu memperhatikan kehadiran taman. ‘’Pada dasarnya taman atau kebun merupakan suatu seni yang mulia,’’ papar Armesto.  

Bukan tanpa alasan, jika masyarakat dan penguasa Muslim di era kejayaan begitu suka menghadirkan taman dan kebun di sekeliling lingkungan dan rumah. 

‘’Pastilah ada alasan yang jelas yang melandasi keberadaan taman yang tersebar di mana-mana sebagai salah satu bentuk seni dalam dunia Muslim,’’ papar R Ettinghausen dalam Introduction, in The Islamic Garden.

Baca juga: Israel Kubur Warga Hidup-Hidup, Alquran Ungkap Perilaku Yahudi kepada Nabi Mereka

Salah satu alasan hadirnya taman dalam peradaban Islam adalah janji adanya surga di hari akhir. Allah SWT kerap mengungkapkan dan menggambarkan surga dalam Alquran dengan taman. 

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ "Sesungguhnya orangorang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air.’’ (QS Adz Dzaariyaat:15). 

 

Firman Allah SWT dalam surat Al Waaqiah (hari kiamat) ayat 27-34 juga menggambarkan surga sebagai sebuah taman dan kebun yang indah, rindang, dan berbuah lebat. Deskripsi surga bak taman dan kebun itu memainkan peranan yang penting dalam dan keyakinan keagamaan umat Muslim.  

photo
Situs Islam di Cordoba. - (republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement