Rabu 13 Dec 2023 22:04 WIB

Jadi Kita Ini Keturunan Siapa, Nabi Adam atau Nabi Nuh? Begini Penjelasan Ulama 

Nabi Nuh menurunkan anak keturunan di penjuru dunia ketika itu

Ilustrasi ketunan manusia. Nabi Nuh menurunkan anak keturunan di penjuru dunia ketika itu
Foto:

Al-Qalaqsyandi dalam Nihayat al-Arab fi Ma'rifat Ansab al-'Arab menyebutkan, telah ada kesepakatan di kalangan para ahli nasab (genealogis) dan para sejarawan, seluruh manusia saat ini adalah setelah Nabi Nuh AS, yaitu selain orang-orang yang bersamanya di dalam kapal.

ذُرِّيَّةَ مَنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ ۚ إِنَّهُ كَانَ عَبْدًا شَكُورًا “ (yaitu) anak cucu dari orang-orang yang Kami bawa bersama-sama Nuh. Sesungguhnya dia adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur.” (QS Al-Israa' [17]: 3).  

وَجَعَلْنَا ذُرِّيَّتَهُ هُمُ الْبَاقِينَ ''Dan Kami jadikan anak cucunya orang-orang yang melanjutkan keturunan.'' (QS Al-Shaffat []:77).

Yafets yang merupakan anak tertua, setelah Kan'an, mempunyai tujuh orang anak. Mereka adalah Al-Turk, Al-Khazar, Shaqlab, Tares, Menesk, Kumari (Gomari), dan Shin. 

Mereka menyebar ke kawasan antara Timur dan Barat Babilonia (wilayah Nuh saat itu), sebagaimana keterangan Abu Hanifah al-Dainuri. Orang Cina dipercaya sebagai keturunan dari Yafets, yakni Shin bin Magog bin Yafets. Dan, Ya'juj dan Ma'juj adalah anak dari Magog bin Yafets. 

Baca juga: Remehkan Rencana Satgas Maritim Bentukan Amerika Serikat, Houthi Yaman: Tak Ada Nilainya

Adapun Ham juga mempunyai anak, antara lain Al-Sind, al-Hindi (India), Zandj (negro), Habasyah (Ethiopia), Nubah, dan Kan'an. Mereka menyebar ke wilayah Selatan dan Dabur (barat). Sedangkan anak-anak Sam bin Nuh adalah Iram, Arpakhsad, Elam, Elifar, dan Asur. Mereka tinggal bersama anak paman mereka Jamm, raja di tanah Babel (Babilonia).

Ad-Dainuri berkata, ''Ketika anak-anak Nuh keluar, tergeraklah hati seluruh anak Nuh untuk keluar dari babel. Maka, Khurasan bin Elam bin Sam keluar. Demikian juga, dengan Pers bin Asur, Rum bin Elifar, Armen bin Nouraj, Kerman bin Tarah, Heitjal bin Elam. Mereka adalah cucu Sam bin Nuh. Masing-masing singgah bersama anak-anaknya di daerah yang dinamakan dengan namanya dan dinisbatkan kepadanya.''   

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement