Rabu 29 Nov 2023 15:37 WIB

Inilah Sifat Orang-Orang Shaleh Berdasarkan Kisah Nabi

Mereka adalah orang-orang yang bersih tangannya dan suci hatinya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Takwa.
Foto:

“Mereka menghidupkan ingat mati dan mematikan ingat hidup. Mereka mencintai Allah Azza Wajalla dan gemar mengingat-Nya.”

Selain menjelaskan tentang sifat orang shaleh tersebut, Ibnu Qudamah juga menceritakan beberapa kisah para nabi, mulai dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad.

Ibnu Qudamah juga menceritakan detik-detik wafatnya Nabi Muhammad Saw berdasarkan penuturan para sahabat nabi. Misalnya, Abu Sa’id al-Khudri menuturkan Rasulullah Saw sempat menemui para sahabat saat sakit yang menyebabkan kematiannya sambil membalut kepalanya.

Lalu, Abu Sa’id mengikutinya hingga naik mimbar, beliau bersabda, “Saat ini aku sedang berdiri di atas telaga. Seorang hamba telah ditawari dunia dan perhiasannya namun ia memilih akhirat.”

 

Tak ada yang mengetahui makna perkataan Rasululullah itu kecuali Abu Bakar, yang mengatakan, “Ya Rasulullah, kami akan menebusmu dengan harta kami, nyawa kami, dan anak-anak kami.” Kemudian, Rasulullah turun dari mimbar masjid dan beliau tidak pernah terlihat lagi di atasnya hingga hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement