Rabu 29 Nov 2023 15:37 WIB

Inilah Sifat Orang-Orang Shaleh Berdasarkan Kisah Nabi

Mereka adalah orang-orang yang bersih tangannya dan suci hatinya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Takwa.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Takwa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang shaleh adalah mereka yang taat kepada ajaran agama, menjalani hidup dengan integritas, memiliki ketakwaan kepada Allah, dan berusaha untuk melakukan kebaikan dalam segala aspek kehidupan mereka.

Orang-orang shaleh juga memiliki sifat-sifat positif lainnya, seperti kesabaran, kejujuran, dan kasih sayang. Mereka cenderung berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Allah dan sesama serta menjalani hidup dengan moral dan etika yang tinggi.

Baca Juga

Tidak hanya itu, dalam kitabnya yang berjudul ar-Riqqah, seorang ulama bergelar Syaikhul Islam, Ibnu Qudamah juga menjelaskan sifat-sifat orang-orang shaleh berdasarkan kisah para nabi. Misalnya, saat Nabi Musa bertanya kepada tuhannya, “Tuhanku, siapa keluarga-Mu yang Engkau naungi dengan Arsy-Mu!”

Allah SWT berfirman, “Mereka adalah orang-orang yang bersih tangannya dan suci hatinya. Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena kebesaran-Ku...”

 

Sifat-sifat orang shaleh tersebut juga diungkapkan saat murid-murid Nabi Isa As atau yang disebut Hawariyyun bertanya tentang siapa wali-wali Allah yang tidak takut dan tidak bersedih. Di antaranya, Nabi Isa menjawab,

Mereka menghidupkan ingat mati...

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement