Senin 20 Nov 2023 16:16 WIB

Dajjal akan Muncul dari Perkampungan Yahudi di Iran Jelang Kiamat Kelak?

Daerah Khurasan lokasi munculnya Dajjal adalah Iran masa kini.

Rep: Andrian Saputra, Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Dajjal/ilustrasi. Daerah Khurasan lokasi munculnya Dajjal adalah Iran masa kini
Foto:

Setelah bengkak-bengkak di tubuh Dajjal sembuh, matanya sembuh satu sedangkan yang satunya buta, serta dari bekas luka bengkak di dahinya membentuk tulisan kafir, maka Dajjal bersama 70 ribu Yahudi Khurasan (Isfahan atau Ashbahan) memberanikan diri muncul. (Lihat Armageddon Peperangan Akhir Zaman karya Wisnu Sasongko penerbit Gema Insani, 2003, halaman 180).

Doa fitnah Dajjal

Fitnah Dajjal adalah fitnah terbesar sejak Allah SWT menciptakan Adam AS hingga hari kiamat. Dajjal berarti menutupi karena dialah pembohong yang menutupi kebenaran dan menyembunyikannya, serta menampakkan kebatilan.

Kemunculan Dajjal merupakan salah satu tanda besar hari kiamat. Allah SWT akan menguji hamba-hamba-Nya saat itu. Dan Allah SWT memberi Dajjal kekuasaan untuk melakukan hal-hal yang termasuk ke dalam kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Seperti menghidupkan kembali orang mati yang dibunuhnya.

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan tentang cara memohon perlindungan kepada Allah SWT dari fitnah Dajjal. Dalam riwayat hadits dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda:

- إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ باللَّهِ مِن أَرْبَعٍ يقولُ: اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِن عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَاابِ القَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ 

"Jika salah satu dari kalian tasyahud, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari empat hal ini, dan ucapkan, "Allahumma inni a-'uudzubika min 'adzaabi jahannam wa min 'adzaabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaati, wa min syarri fitnatil masii-hid-dajjaal." (HR Muslim). Berikut bacaan doanya: 

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِن عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَاابِ القَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ

"Allahumma inni a-'uudzubika min 'adzaabi jahannam wa min 'adzaabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaati, wa min syarri fitnatil masii-hid-dajjaal."

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari siksa jahannam, dari fitnah kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah al-Masikh ad-Dajjal.” 

Dalam hadits itu Nabi Muhammad SAW mengajarkan para sahabat dan umatnya untuk berdoa dan mencari perlindungan dari keburukan yang mungkin menimpa seorang Muslim.

Baca juga: Kaum Kristen akan Bantu Muslim Lawan Dajjal Israel dan Sekutunya? Ini Isyarat Alkitab  

Nabi Muhammad SAW biasa berdoa setelah tasyahud terakhir sholat dan sebelum salam, dengan doa tersebut. Salah satu permohonan perlindungan dalam doa ini ialah memohon perlindungan dari Dajjal. Dajjal merupakan ujian terbesar dan paling berbahaya di dunia ini.

Karena itu, semua Nabi memperingatkan umat mereka terhadap kejahatan dan fitnah Dajjal, termasuk Nabi Muhammad SAW yang juga memohon perlindungan dari fitnah Dajjal dalam setiap sholat beliau.   

photo
Tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi. - (republika)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement