Rabu 17 Apr 2024 22:41 WIB

Dajjal Berwujud Fisik atau Kiasan Apapun Perusak Moralitas Umat? Ini Kata Prof Quraish

Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

Dajjal/ilustrasi. Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat
Foto: conmedisys.com
Dajjal/ilustrasi. Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Terdapat banyak hadits tentang Dajjal . Apa maksud Hadits-hadits ini, dan apakah Dajjal  kini telah ada? Apakah ia benar-benar bermata sebelah? Apakah arti api dan air. Dapatkah ia dipahami dalam arti kebenaran dan kebatilan? 

Dikutip dari Harian Republika, yang tayang pada tahun 2000, dalam Quraish Shihab Menjawab, Prof M Qurraish Shihab, menjelaskan hadits-hadits tentang Dajjal , cukup banyak antara lain diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim seperti yang Anda kutip di atas. 

Baca Juga

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُبْعَثَ دَجَّالُونَ كَذَّابُونَ قَرِيبٌ مِنْ ثَلاَثِينَ، كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ رَسُولُ اللهِ

“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga dibangkitkan ‘dajjal-dajjal’ (para pendusta) yang jumlahnya mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka adalah utusan Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dajjal  yang terbesar adalah yang akan datang menjelang hari kiamat. Pakar Hadits Ibnu Hajar dalam bukunya Fath Albary, berdasar sekian banyak riwayat yang bersumber dari sahabat Nabi Abu Said Alkhudry, menyebut sekian banyak sifat dan keadaannya, antara lain bahwa Dajjal adalah seorang Yahudi, tidak memiliki anak, tidak dapat masuk ke Makkah dan Madinah (HR Muslim), buta sebelah, mata sebelah kirinya berkilau bagaikan bintang kejora. Ia akan bangkit dari timur. Ada riwayat yang menyatakan dari Khurasan ada lagi dari Asfahan yaitu daerah Iran sekarang (HR Muslim).

Pada mulanya dia menampakkan kesalehan, kemudian mengaku Nabi dan terakhir mengaku sebagai Tuhan. Memang menurut riwayat dia memiliki sekian keistimewaan yang dapat mengelabui manusia, tetapi yang menggunakan pikirannya tidak akan terpedaya apalagi mengakuinya sebagai Tuhan atau nabi.

Berbeda-beda penilaian ulama tentang riwayat-riwayat menyangkut Dajjal ini. Serta makna hadits-hadits Nabi SAW itu. Kelompok Ahl Sunnah lebih-lebih pakar hadits mengakui adanya apa yang dinamai Dajjal dan bahwa ia adalah satu sosok manusia yang menjerumuskan umat Islam, tetapi kelompok Mu'tazilah yang cenderung sangat rasional menolak kebenaran hadits-hadits itu.

Sebagian pemikir kontemporer memahami hadits-hadits yang berbicara tentang Dajjal  dalam arti kondisi tertentu yang dialami masyarakat. Ada yang memahaminya dalam arti peradaban Barat dewasa ini.

Peradaban tersebut buta sebelah dalam arti hanya melihat satu sisi yakni sisi duniawi dan material dari kehidupan ini dan tidak melihat sisi ukhrawi serta hal-hal yang bersifat spiritual. Ini mengantar manusia mempertuhan materi, karena terpengaruh olehnya bahkan memperturutkan dan mempertuhankannya. 

Apa yang diperlihatkan sebagai sesuatu yang baik pada hakikatnya adalah keburukan, demikian juga yang diperburuknya dapat merupakan sesuatu yang baik. 

Hemat penulis, yang ingin memahaminya dalam arti hakiki, kita masih dapat hidup tenang, atau tidak perlu terlalu khawatir menghadapinya, karena menurut riwayat, Dajjal  baru akan datang pada masa kekhalifahan Imam Mahdi yang ketika itu ibukota Islam adalah Qudus (Yerusalem) setelah kaum Muslimin berhasil mengalahkan orang-orang Yahudi.

Melihat situasi dunia dewasa ini, perkembangan masalah Palestina, kekuatan orang-orang Yahudi dan pengaruhnya yang demikian besar, sikap masyarakat dan pemerintah Iran dewasa ini yang sangat antizionis, maka agaknya Dajjal dalam pengertian hakiki itu, belum akan muncul di tengah generasi kita dewasa ini. Kecuali jika kita memahami hadits-hadits itu dalam pengertian metafora,  yakni peradaban Barat dengan segala kekurangan dan bahayanya. Wallahua'lam

photo
Tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi. - (republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement